Yuk, Cuci Tangan di Waktu dan dengan Cara yang Tepat!

Teman Sehat, tahukah kamu? Sekarang ini penting sekali untuk membiasakan cuci tangan sebelum maupun setelah beraktivitas. Selain meminimalisir penyebaran virus yang lagi hits, Covid19, perilaku ini juga meminimalisir penyebaran kuman yang ngga sengaja menempel di tangan kamu. Mau tahu bagaimana cara cuci tangan yang baik dan benar? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Kapan waktu cuci tangan yang tepat?

 

Tahukah kamu mencuci tangan diwaktu yang tepat, bisa meminimalisir penyebaran kuman yang ada di tangan kamu, loh! Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dalam lamannya, waktu mencuci tangan yang baik yaitu:

  • Sebelum, selama dan setelah menyiapkan makanan
  • Sebelum mengonsumsi makanan
  • Sebelum dan setelah merawat seseorang yang sakit
  • Sebelum dan sesudah membantu pembersihan luka
  • Setelah menggunakan toilet
  • Setelah mengganti popok
  • Setelah bersin, batuk atau membuang lendir
  • Setelah menyentuh, memberikan makanan ataupun membersihkan kotoran binatang
  • Setelah membuang sampah

Alat apa yang disiapkan saat mencuci tangan?

Pasti banyak yang bingung menggunakan air saat mencuci tangan, menggunakan air panas atai air dingin? Atau menggunakan sabun yang antibakteri atau bukan? Lalu bagaimana jika tidak ada sabun?

Tenang Teman Sehat, saat mencuci tangan, menurut UNICEF dan healthline pada lamannya, boleh menggunakan air panas maupun dingin. Keduanya efektif dalam membunuh bakteri jahat dan virus. Jika kamu ingin menggunakan air hangat, bisa menggunakan air dengan suhu dengan rentang 40-55 derajat celcius.

Lalu bagaimana dengan sabun? Berdasarkan informasi yang dikutip pada laman Minnessota Departement of Health, penggunaan sabun antibakteri dan sabun non-antibakteri saat mencuci tangan sama saja, sama-sama membunuh bakteri jahat dan virus. Untuk sabun antibakteri, mebutuhkan waktu kurang lebih dua menit untuk memberikan efeknya.

Sebaiknya gunakan sabun cair daripada sabun padatan, hal ini dikarenakan untuk meminimalisisr perpindahan bakteri dan perkembanngannya pada permukaan sabun. Kalau kamu ngga ada sabun, gunakanlah hand sainitezer dengan syarat, komposisi alkohol pada produk tersebut 60% yang efektif untuk membunuh kuman.

Cara mencucui tangan yang baik dan benar

Teman Sehat, yuk ikuti 5 cara mencuci tangan menurut WHO!

  1. Basahi tangan menggunakan air yang mengalir,
  2.  Gunakan sabun secukupnya untuk membersihkan tangan yang basah
  3. Gosok semua permukaan tangan (termasuk punggung tangan, diantara sela jari, di bawah kuku) kurang lebih 20 detik atau setara dengan dua kali putaran menyanyikan lagu ‘Happy Birthday
  4. Bilas semua permukaan tangan dengan air yang mengalir
  5. Keringkan tangan dengan kain bersih maupun kain sekali pakai

Nah, Teman Sehat itulah beberapa tips yang perlu kamu tahu saat melakukan perilaku cuci tangan. Perilaku ini juga termasuk program dari Kemenkes, loh, yaitu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang bisa dimulai dari diri sendiri, lalu disebarkan ke orang-orang terdekat. Yuk, jaga kesehatan mu, #staysafe semuanya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *