Yuk, Kenali Beberapa Jeis Sel Kanker ini!

Halo, Teman Sehat! Kamu pasti ngga asing, kan dengan istilah kanker? Yap, ada lebih dari 100 jenis kanker yang bisa menginfeksi tubuh manusia, loh! Biasanya, jenis kanker dinamai sesuai dengan tempat berkembangnya sel kaker, seperti kanker paru-paru yang dimulai pada sel yang ada di paru-paru.

Selain itu, kanker juga bisa terbentuk berdasarkan jenis sel yang membentuknya, seperti sel epitel atau sel skuamosa (sel yang membentuk lapisan kulit). Nah, untuk lebih jelanya, yuk kenali beberapa jeis kanker di sini! Let’s check it out!

Karsinoma

Karsinoma merupakan jenis kanker yang terbentuk dari sel-sel epitel, yaitu sel yang menutupi permukaan dalam dan luar tubuh. Karsinoma memiliki berbagai nama spesifik, seperti:

  • Karsinoma sel basal, yaitu kanker yang terbentuk dimulai dari lapisan epidermis bawah atau basal, yang merupakan lapisan luar kulit seseorang.
  • Karsinoma sel skuamosa, yaitu kanker yang terbentuk di dalam sel skuamosa, sel yang terletak tepat di bawah permukaan luar kulit. Sel ini juga melapisi banyak organ lain, termasuk lambung, usus, paru-paru, kandung kemih, dan ginjal.
  • Karsinoma sel transisional, yaitu kanker yang terbentuk di dalam jaringan epitel yang disebut epitel transisional, atau urothelium. Jaringan ini terdiri dari banyak lapisan sel epitel yang bisa menjadi lebih besar dan lebih kecil. Sel ini ditemukan di lapisan kandung kemih, ureter, dan bagian dari ginjal (pelvis ginjal), dan beberapa organ lainnya.

Sarkoma

Sarkoma merupakan jenis kanker yang terbentuk di tulang dan jaringan lunak, termasuk otot, lemak, pembuluh darah, pembuluh getah bening, dan jaringan fibrosa (jaringan otot, seperti tendon dan ligamen).

Leukemia

Kamu pasti ngga asing dengan leukimia, kan? Yap, kanker ini berawal dari jaringan pembentuk sel darah seperti sumsum tulang. Kanker ini juga membentuk sel darah putih yang abnormal (di luar batas normal) dan menumpuk di dalam darah dan sumsum tulang, sehingga keberadaan sel darah merah lebih sedikit.

Limfoma

Limfoma merupakan kanker yang muncul pada sel limfIosit, yaitu sel yang temasuk ke dalam sistem kekebalan tubuh. Limfoma merupakan sel limfosit yang abnormal dan menumpuk di kelenjar getah bening, pembuluh getah bening, dan organ tubuh lainnya. Ada 2 jenis limfoma, yaitu:

  • Limfoma Hodgkin, yaitu sel limfosit abnormal yang disebut dengan sel Reed-Sternberg. Sel-sel ini biasanya terbentuk dari sel B.
  • Limfoma non-Hodgkin , yaitu sekelompok sel kanker yang teerbentuk dari limfosit. Kanker jenis ini, bisa tumbuh dengan cepat atau lambat yag bisa terbentuk dari sel B atau sel T.

Multiple myeloma

Multiple myeloma merupakan kanker yang terbentuk dari sel plasma, atau bentuk lain dari sel imun. Jika sel ini abnormal, maka disebut dengan sel myeloma. Jika sel ini menumpuk di sumsum tulang, maka akan merangsang pembentukan tumor di tulang dan seluruh tubuh. Multiple myeloma bisanya disebut dengan myeloma sel plasma atau penyakit Kahler.

Nah, sekarang kamu tau kan? Kalau kanker bisa timbul dari berbagai sel yang ada di dalam tubuh mansuia. Yuk, mulai terapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan dan minuman yang bisa meminimalisir timbulnya kanker di dalam tubuh. Lalu, jangan lupa berolahraga dan berikan support buat penderita kanker, agar mereka ngga mendapat diskriminasi sosial!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.