Yuk, Lebih Kenal dengan Diabetes!

Halo, Teman Sehat! Beberapa waktu yag lalu, linisehat.com berkesempatan untuk mengikuti kegiatan seminar kesehatan di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UHAMKA, Jakarta, loh! Seminar ini berjudul ” Mengenal Silent Killer, Diabetes Mellitus”. Mengapa diabetes dijuluki sebagai sillent killer? Yuk, simak penjelasannya!

About sillent killer

Diabetes merupakan penyakit kronis serius yang terjadi karena addanya kerja pankreas ngga optimal dalam menghasilkan insulin (hormon yang mengatur gula darah atau glukosa). Penyakit ini juga bisa terjadi ketika tubuh ngga bisa efektif menggunakan insulin yang dihasilkannya.

Jika dibandingkan, jumlah kasus dan prevalensi diabetes terus meningkat selama beberapa dekade terakhir. Diabetes merupakan masalah kesehatan masyarakat yang penting dan menjadi salah satu dari empat penyakit tidak menular (PTM) prioritas yang menjadi target tindak lanjut oleh para pemimpin dunia (WHO Global Report, 2016).

Diskusi hangat terkait diabetes

Nah, karena itulah seminar gizi ini diadakan. Seminar ini merupakan bagian dari edukasi gizi dan salah satu metode efektif guna meningkatkan kesehatan dan mendorong kebiasaan makan sehat masyarakat. Edukasi ini, ngga cuma sekedar belajar tentang gizi dan makanan, tapi juga mengetahui mengenai apa yang harus dilakukan dan bagaimana caranya untuk membiasakan kembali pola hidup sehat.

Diskusi hangat ini, dihadiri oleh pakar di bidangnya, yaitu Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MS yang mendiskusikan “Peran Pangan Fungsional dan Puasa Dalam Manajemen Insulin dan Gula Darah”; Bapak Nur Agus Prasetyo, yang mendiskusikan “Revolusi Gaya Hidup Untuk Mengembalikan Fleksibilitas Manusia”; Dr. Rita Ramayulis, DCN., M.Kes yang mendiskusikan “Peran OlahRaga dan Diet Dalam Pengendalian Gula Darah” dan dr. Piprim B. Yanuarso, SpA (K), yang mendiskusikan “Gaya Hidup LowCarb, Intermittent, Fasting, Olah Raga dan Pengendalian Gula Darah”

Peserta dalam kegiatan ini, yaitu beberapa Ahli Gizi yang bertugas sebagai di Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, Institusi Pendidikan, NGO, industri, keluarga penderita DM, mahasiswa dan umum yang berada di Wilayah DKI Jakarta ataupun luar Jakarta dengan jumlah peserta sekitar 400 orang.

Nah, Teman Sehat diharapkan dengan adanya seminar ini masyarkat lebih paham mengenai penyakit sillent killer ini. Penyakit ini ngga bisa kamu anggap sepele, loh! So, jangan lupa ajak dan ingatkan orang sekeliling kalian untuk membiasakan gaya hidup sehat, ya!

Sumber video: SELARAS TV

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *