4 Aktivitas yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Halo Teman Sehat! Apakah kamu termasuk orang yang pelupa? Lupa bisa terjadi pada siapa saja bahkan di usia yang masih terbilang muda. Contoh sederhananya seperti lupa ada tugas kuliah, lupa ada deadline, lupa narok kunci motor, lupa bawa barang, atau lupa ada janji. Sifat pelupa bisa jadi penggangu loh dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Ngga jarang sifat pelupa bisa menyulitkan hidup kamu. Nah tentunya Teman Sehat butuh cara untuk ngurangin sifat pelupa ini. Cara berikut sangat mudah serta bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, yuk intip!

1. Olahraga

Banyak manfaat baik bagi kesehatan yang bisa kamu peroleh dari olahraga. Berolahraga secara teratur selain bisa membakar kalori dan membantu menurunkan berat badan, ternyata juga bisa meningkatkan daya ingat secara langsung dan tidak langsung loh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Columbia University menunjukan bahwa kelompok yang rutin melakukan olahraga aerobic memunyai volume area hippocampus yang lebih besar dibanding kelompok yang hanya melakukan aktifitas ringan. Hippocampus merupakan bagian otak besar yang bertugas dalam memori verbal dan navigasi lokasi. Sedangkan secara tidak langsung, olahraga dapat mempengaruhi mood baik dan membuat tingkat stress lebih terkontrol. Hal tersebut bisa berpengaruh baik pada kemampuan intelegensi otak termasuk dalam meningkatkan daya ingat.

2. Bermain teka-teki silang

Bermain teka teki silang bisa membantu meningkatkan daya ingat. Saat bermain otak akan belajar proses problem solving dan mempelajari kosakata baru. Hal tersebut merupakan latihan bagi otak dalam menjalankan fungsi kognitifnya. Seperti yang dikutip dalam penelitian National Institute Of Health (2014) pada laman UMP.com menyatakan bahwa apabila seseorang rutin memainkan teka-teki silang setidaknya seminggu sekali, akan memberikan pengaruh baik pada kemampuan kognitif otak selama 10 tahun. Lalu, jika permainan ini dilakukan bersama teman (berdua, bertiga atau lebih) justru akan memberikan efek lebih baik untuk meningkatkan daya ingat, karena ada proses diskusi dan bonding dengan teman bermain.

3. Membaca buku

Seperti halnya otot, otak jika ngga pernah digunakan maka akan kehilangan kemampuannya, oleh karena itu, melatih otak kamu sangat perlu dilakukan, salah satunya dengan membaca. Berbagai penelitian menyebutkan bahwa membaca buku bisa mempertajam ingatan, meningkatkan daya konsentrasi, bahkan memperlambat risiko Alzheimer saat beranjak lansia.  Saat membaca terjadi proses mengingat gambar, tulisan, membayangkan, lalu membuat kesimpulan dari kalimat yang dibaca. Nah, proses-proses tersebutlah yang mampu melatih otak sehingga dapat meningkatan daya ingat.

4. Berosialisasi

Berdasarkan Booklet National Institute On Aging menyatakan bahwa kegiatan yang melibatkan beberapa orang bisa membantu mengatasi sifat pelupa. Contohnya hangout bareng teman, mengikuti kegiatan volunteer, aktif berorganisai, dan bergabung dengan berbagai komunitas. Kegiatan tersebut akan melatih kinerja otak untuk terbiasa mempelajari hal baru dan bertemu dengan orang baru, hal tersebut sangat baik dalam meningkatkan kemampuan mengingat.

Nah, itulah beberapa aktifitas yang bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan pastinya bisa kamu lakukan di waktu luang. Jika Teman Sehat punya pilihan-pilihan aktivitas lainnya, boleh loh di share pada kolom komentar di bawah ini!

Editor & proofreader: Fhadilla Amelia, S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *