Yuk, Lebih Kenal dengan Minuman Kopi!

Halo, Teman Sehat! Coba tebak hari ini, dirayakan sebagai hari apa? Yap, Hari Kopi Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 1 Oktober. FYI, tahun ini temanya adalah Women in Coffee. Kenapa perempuan? Ternyata, perempuan juga ikut berperan, loh dalam alur produksi kopi.

Di Kenya, perempuan dilibatkan dalam proses penanaman dan pemanenan buah kopi. Di Indonesia, Ibu Rahmah, salah seorang founder yang mengajak rekannya menjual kopi, sehingga bisa menambah pemasukannya, dan kalian tau ngga? Ternyata juara pertama World Barista Championship 2018 adalah seorang wanita yang berasal dari Polandia, yaitu Agnieszka Rojewska.

Nah, biasanya kalau ada event kaya gini, kedai kopi memberikan promo buy one get one atau potongan harga. Tapi, sebelum kamu ikut promo ini, udah tau belum jenis minuman kopi apa yang ingin dipesan? Bingung mau pesan apa? Yuk, cari jawabannya di sini!

Espresso

Espresso merupakan ekstrak kopi yang dibuat melalui proses ekstrasi (penyaringan) dengan air panas (ngga mendidih) dan tekanan tinggi menggunakan mesin. Proses ekstrasi dan pencampuran di dalamnya,  akan menghasilkan cairan espresso yang kental dan kaya akan rasa. Selain cairan kental, di atasnya terdapat crema.

Crema adalah lapisan busa (creamy) di atas cairan espresso yang menandakan, kalau espresso yang dibuat masih fresh. Crema terbentuk saat campuran uap air dan minyak dari kopi dengan kualitas yang baik. Biasanya, espresso bisa langsung disajikan dalam bentuk one shoot atau double shoot espresso (perbedaan volume) atau dijadikan bahan dasar pembuatan cappucino, latte dan minuman kopi lainnya.

Long Black atau Americano

Kamu tau ngga? Awalnya, Americano adalah nama yang diberikan buat orang Amerika yang mengencerkan konsentrasi espresso yang diminumnya, loh! FYI, kedua minuman kopi ini, hampir mirip cara penyajiannya. Bedanya hanya pada komposisi espresso dan air yang ditambahkan. Kalau Americano, espresso yang ditambahkan 1 shoot dengan 170-235 ml air panas, dengan ciri khas cremanya udah ngga utuh. Sedangkan Long black dibuat dengan mencampurkan 1-2 shoot espresso dan 2/3 cangkir air panas.

Cappuccino

Siapa yang ngga tau minuman kopi yang satu ini? Yap, minuman kopi dengan creamy foam di atasnya. Ciri khas minuman ini adalahlapisan busanya yang tinggi dan hampir melewati bibir cangkir dengan taburan cokelat bubuk. Capuccino dibuat dengan mencampurkan 1 shoot espresso, 1/3 susu yang di steam dan 1/3 susu yang dibusakan.

Latte atau Cafe latte

Kamu mau minum kopi yang ngga terlalu ‘strong’? Nah, cafe latte jawabannya! Dalam bahasa Italia, café latte berarti campuran kopi dan susu. Hampir mirip dengan cappuccino, dengan komposisi 1 shoot espresso dan 2/3 susu steam yang sedikit berbusa, kopi ini akan terasa lebih milky.

Flat white

Hampir sama dengan cappuccino dan latte, flat white merupakan minuman kopi yang memiliki kadar foam lebih sedikit dari cappuccino. Minuman yang berasal dari New Zealand ini, adalah campuran 1 shoot espresso dengan 2 shoots susu yang udah di steam (tapi ngga terlalu panas). Biasanya, minuman ini disajikan untuk jamuan orang tua yang mengantarkan anaknya ke sekolah, untuk mengapresiasi usaha bangun pagi.

Machiato

Machiato, merupakan minuman kopi yang artinya dalam bahasa Italia adalah espresso yang ditandai dengan setitik susu. Resep aslinya, espresso hanya ditambahkan sedikit susus untuk menandai kalau minuman itu adalah machiato. Tapi seiring berjalannya waktu, jumlah susu yang ditambahkan, disesuaikan dengan selera konsumen.

Nah, sekarang udah tau kan? So, jangan ragu buat merayakan Hari Kopi Sedunia dengan orang terdekat, rekan kerja atau sahabat di kedai kopi favorit kamu! Jangan lupa, konsumsi kopi Indonesia dan tetap jaga pola makan kamu ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *