3 Tips Mencegah Warna Apel Berubah!

Teman Sehat pernahkah setelah memotong buah apel, warnanya berubah dengan cepat menjadi kecoklatan dan ngga menarik lagi? Nah, ternyata secara ilmiah, perubahan itu dinamakan reaksi pencoklatan (browning) dan alami terjadi pada beberapa buah. Lalu gimana ya, cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Rendamlah dengan air!

Setelah memotong buah apel, langkah paling sederhana yang bisa kamu lakukan adalah merendamnya dengan air. Jika kamu merendam potongan buah di dalam air, maka  kontak buah dengan oksigen secara langsung akan berkurang. Tanpa keberadaan oksigen, reaksi ini bisa dicegah, karena enzim yang membantu proses ini ngga bisa bereaksi dengan oksigen. Jadi, buah apel kamu bisa lebih tahan lama, deh!

2. Gunakanlah bahan yang mengandung zat antioksidan

Zat antioksidan, bisa mencegah reaksi pencoklatan pada buah yang menyebabkan warananya ngga menarik. Nah, karena itulah zat ini banyak digunakan dalam industri pangan untuk mencegah terjadinya perubahan visual, zat gizi, maupun rasa.

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa menggunakan zat antioksidan alami yang berasal dari vitamin C. Vitamin C bisa mengurangi senyawa yang membentuk warna cokelat, menjadi senyawa yang ngga berwarna. Kamu bisa menggunakan bahan pangan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk dan lemon.

3. Simpanlah pada suhu yang sesuai

Proses pencokelatan buah yang disebabkan oleh enzim, bisa dihindari dengan penyimpanan buah pada suhu di bawah suhu optimalnya, yaitu 30-40ºC.Contohnya dengan segera menyimpan buah apel ke dalam pendingin, jika kamu ngga langsung mengonsumsinya. Selain itu, simpanlah pada wadah tertutup yang bisa membantu memperpanjang umur penyimpanannya.

Nah, Teman Sehat mudah sekali kan cara mencegah reaksi pencoklatan (browning) pada buah apel? Jangan lupa beritahu keluarga dan orang terdekatmu, ya! Selamat mencoba!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *