Yakin, Cara Makan Tauge Kamu Udah Benar? Cek Faktanya di Sini

Halo Teman Sehat! Kamu suka makan tauge? Kalau iya, kamu lebih suka makan dalam keadaan mentah atau matang? Ternyata saat kamu mengonsumsi tauge, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan loh! Mau tau kenapa? Yuk, kita simak penjelsannya!

Tauge berasal dari biji-bijian yang ditanam dan dibiarkan tumbuh dari 2 hingga 5 cm sebelum akhirnya dipanen. Biasanya, biji-bijian yang digunakan buat menghasilkan tauge adalah kacang hijau dan kedelai. Di Indonesia, tauge merupakan salah satu bahan makanan populer, karena sering ditambahkan sebagai bahan campuran makanan. Mulai dari gado-gado, isi gorengan, nasi pecel dan salad sayur pun, menggunakan tauge sebagai bahan pelengkap. Ngga jarang, tauge sering dikonsumsi mentah sebagai makan pendamping.

Teman Sehat, ada yang perlu diperhatikan selama proses tanam dan panen tauge

Biji-bijian butuh kondisi yang hangat dan lembap buat tumbuh, kondisi ini bisa menyebabkan bakteri penyebab foodborne illness atau keracunan makanan seperti Listeria, Salmonella dan E. coli nyaman tinggal di kondisi tersebut. Selain itu, penggunaan pupuk kompos atau pupuk kandang yang kurang tepat bisa meningkatkan jumlah bakteri yang ngga diinginkan. Efek buruk yang akan ditimbulkan pada tubuh adalah diare, kram perut atau bahkan demam.

Gimana ya cara mengurangi bahayanya?

  1. Perhatikan kebersihan selama proses penanaman tauge dan kondisi tauge saat akan dikonsumsi karena walaupun tauge ditanam dan dipanen sendiri, ngga akan jadi jaminan kalau tauge kamu bebas dari foodborne illness
  2. Hindari konsumsi tauge mentah atau fresh pada orang tua di atas 65 tahun, ibu hamil dan balita. Golongan ini punya imun tubuh yang relatif lemah, sehingga efek buruk infeksi bakteri pada tauge akan berpengaruh lebih kuat.
  3. Kalau Teman Sehat penggemar berat tauge, ada satu kunci  yang bisa mengurangi risiko bahaya bahan ini dari bakteri jahat, yaitu dengan memasaknya. Kamu harus memasak tauge dengan benar sehingga bakteri yang jahat bisa mati. Caranya dengan mendidihkan air, lalu masukkan tauge selama 2-3 menit. Intinya, kamu harus pastikan memasak tauge dengan suhu lebih dari 70 derajat celsius atau air mendidih karena kalau kamu menyiramnya dengan air hangat, bakteri yang ada pada tauge ngga akan mati.

Nah, Teman Sehat udah tau kan sekarang? Walaupun tauge makanan favorit kamu, tapi cerdas saat mengonsumsinya adalah hal yang wajib supaya kamu bisa menghindari efek buruknya. Walaupun berpotensi menyebabkan sakit, Teman Sehat ngga usah takut buat konsumsi tauge. Tapi, yang harus Teman Sehat perhatikan, cara pengolahannya supaya tauge yang kamu konsumsi aman.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, S.Tp

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *