Manfaat Jeruk Mandarin bagi Si Kecil

Teman Sehat, tahukah bahwa di tahun ini, jeruk mandarin disebut sebagai buah terpilih di Hari Buah? Yap, ternyata manfaatnya bukan cuma bisa dikonsumsi oleh orang dewasa saja, tapi juga si kecil yang sedang melalui fase makanan pendamping ASI (MP-ASI). Nah, sebenarnya buah ini boleh dikonsumsi si kecil sejak usia berapa bulan ya? Yuk simak ulasannya di sini!

Jeruk Mandarin, bolehkah diberikan di awal MPASI?

Berdasarkan riset di banyak negara, WHO merekomendasikan pemberian MPASI untuk si kecil, pada usia 6 bulan. Hal ini dikarenakan sistem pencernaan bayi yang sudah siap mencerna makanan, kemampuan untuk makan (oromotor) yang berkembang, kepala yang sudah bisa tegakan dan hilangnya reflek menjulurkan lidah pada bayi.

Nah, salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah sayur dan buah yang berwarna hijau atau oranye. Jumlahnya disesuaikan dengan proporsi makanan lainnya sesuai pesan isi piringku yang diterangkan oleh Kementerian Kesehatan.

Jeruk jenis ini juga salah satu sumber makanan yang tinggi vitamin C, vitamin A dan vitamin lainnya. Vitamin C pada buah ini akan membantu proses penyerapan zat besi sebagai salah satu zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh si kecil.

Perhatikanlah beberapa hal ini!

Sebelum memberikan pada bayi, perhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan rasanya ngga terlalu asam untuk si kecil
  2. Jangan lupa ambil biji dan kulit halus pada jeruk agar si kecil ngga tersedak
  3. Jangan lupa potong jeruk menjadi bagianyangg lebih kecil
  4. Usahakan memberikan jeruk dalam kondisi fresh dan dalam jumlah yang disesuaikan, mengingat ukuran lambung si kecil masih terbatas dan kebutuhan zat gizinya cukup banyak
  5. Jika bayi atau orang tua ada riwayat alergi, sebaiknya hindari pemberian jeruk sebelum usia 12 bulan

Tunggu reaksi si kecil,

Jangan lupa bahwa saat ini si kecil sedang berusaha mengenal jenis makanan baru,  sehingga kamu perlu menunggu responnya terlebih dahulu. Hal ini disebabkan beberapa bayi akan mempunyai sensitivitas yang lebih tinggi terhadap asam, yang ditandai dengan ruam pada bibir, dan ruam popok.

Walaupun American Academy of Pediatrics menganjurkan bahwa pemberian makanan pada si kecil ngga perlu ditunda bagi yang ngga memiliki masalah alergi, tapi jika kamu ragu, asupan vitamin dari jeruk boleh dicoba setelah ulang tahun pertamanya nanti.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa si kecil dapatkan dari jeruk mandarin. Jangan lupa perhatikan beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum memberikan buah, ya! Yuk,  ajak keluarga dan orang terdekatmu memulai hidup sehat dan seimbang dengan konsumsi buah!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *