4 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Ngga Sehat

Halo Teman Sehat! Hidup sehat bukan melulu tentang makan dan minum, tapi juga gimana Teman Sehat bisa merawat tubuh dan menjaga kebersihan lingkungan. Nah, berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan kecil yang sering kita lakukan setiap hari, tanpa sadar kalau sebenarnya itu ngga sehat.

1. Menjilat bibir

Saat merasa bibir kita kering, seringkali secara ngga sadar kita menjilat bibir supaya bibir basah dan ngga terlalu kering. Ternyata, itu salah banget Teman Sehat!

kebiasaan sehari-hari

Menjilat bibir saat bibir kering justru membuat bibir makin kering dan pecah-pecah. Saat kamu menjilat bibir, bibir akan basah karena air liur. Akan tetapi, setelah itu air liur akan menguap dan membuat bibirmu jauh lebih kering dari pada sebelumnya. Lebih baik minum air putih yang banyak dan pakai lip balm untuk cegah bibir kering

2. Minum teh saat makan

Teh mengandung senyawa yang dapat menghambat penyerapan zat besi, vitamin B, vitamin D, dan kalsium di dalam tubuh. Nah, sayang banget kan kalau kamu udah makan segala sumber zat gizi, tapi penyerapan dalam tubuhmu ngga optimal?

makanan-kebangsaan-anak-osis

Sering kali kita udah banyak mengonsumsi makanan sumber zat besi seperti daging, telur, dan susu, tapi tetap saja sering merasa letih dan lesu bahkan memiliki kadar hemoglobin yang rendah. Mungkin aja kebiasaan mengonsumsi teh saat makan menjadi penyebabnya. Ganti tehmu dengan jus jeruk yang kaya akan vitamin C, yang justru bisa meningkatkan penyerapan zat besi di usus. Kalau ingin minum teh, lakukan minimal 2 jam setelah waktu makan ya, Teman Sehat!

3. Tidak membersihkan handphone

Manusia di zaman modern ngga bisa lepas dari HP-nya. Entah itu saat beraktivitas, di kendaraan umum, sebelum makan dan tidur, atau bahkan waktu melaksanakan tugas suci di kamar mandi, HP ngga pernah lepas dari tangan. Bayangkan berapa banyak kuman dan bakteri yang menempel pada HP kita?

bacteria7_610x397-600x390

Kadang kita merasa aman karena udah cuci tangan, tapi sering kali lupa kalau banyak banget kuman dan bakteri yang masih menempel di HP. Teman Sehat harus coba untuk lap HP dengan tisu basah beralkohol setiap hari ya, agar HP kamu tetap bersih dan aman dari kuman.

4. Menguap terlalu sering dan lebar

Menguap sama halnya dengan menarik napas yang dalam adalah salah satu mekanisme tubuh untuk menggambarkan kurang oksigen yang masuk ke otak. Medical Hypothesis Journal mengungkapkan bahwa dengan menguap, saluran sinus akan meregang lebih kuat, memompa udara lebih banyak ke otak, dan membantu menurunkan suhu otak apabila terlalu panas.

yawning

Teman Sehat harus hati-hati jangan menguap terlalu lebar dan sering ya! Walaupun terasa nyaman dan melegakan, menguap terlalu lebar berisiko terjadi gangguan persendian pada rahang mulut. National Institute of Health mengungkapkan bahwa menguap terlalu sering menjadi salah satu indikator seseorang mengalami gangguan tidur dan risiko terkena penyakit jantung.

Walaupun sepele, kegiatan-kegiatan itu ternyata ngga sehat ya, Teman Sehat! Apakah kamu sering melakukan hal-hal itu? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *