4 Kreasi Menu Sarapan dengan Kentang

Teman Sehat, sarapan apa pagi ini? Atau kamu mulai bosan dengan menu sarapan yang itu-itu aja? Kali ini, kamu bisa mengolah sarapan dari bahan dasar kentang. Yap, kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat alternatif yang bisa kamu konsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari.

Selain itu, kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B1, dan lemak dalam jumlah yang relative kecil. Mineral seperti zat besi, fosfor, magnesium, natrium, kalsium, dan kalium juga ada, loh! Oh iya, bahan pangan ini bisa di kreasikan menjadi menu sarapan yang lezat.  Mau tau apa aja menunya?  So, let’s check this out!

1. Gnocchi

Yap, makanan khas negara Italia ini dibuat dari bahan dasar kentang, loh! Cara membuat menu ini cukup mudah, kamu cukup mencampurkan kentang yang telah direbus dan dihaluskan dengan tepung terigu, telur ayam, keju ricotta, daun bayam dan pala bubuk.

Biasanya gnocchi dihidangkan bersama dengan sup tomat yang terbuat dari tumisan bawang merah, bawang bombay, bawang putih, sari tomat, krim kental, dan keju parmesan.

2. Mashed potatoes

Mashed potatoes bisa jadi menu andalan kamu saat sarapan, loh! Menu ini mudah banget dihidangkan, kamu cuma perlu merebus kentang sampai matang dan haluskan. Setelah itu, masak kembali kentang dengan menambahkan satu sendok butter atau margarine, susu cair, lada, dan garam.

Aduk terus, hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan. Oh iya mashed potatoes juga bisa dihidangkan dengan protein hewani seperti ayam, ikan, maupun daging. Jangan lupa tambahkan tumisan atau sayuran rebus untuk melengkapi menu sarapan kalian!

3. Potatoes gratin

Bosan dengan makanan yang diolah dengan cara digoreng atau dikukus? Kamu harus coba membuat potatoes gratin! Potongan tipis kentang ini, akan menjadi menu sarapan yang berbeda dari biasanya.

Cukup dengan memotong tipis kentang dan susun kedalam wadah anti panas. Kemudian tambahkan campuran susu, telur, margarine cair, lada, garam, dan tambahkan parutan keju diatasnya, lalu oven hingga berwarna kecoklatan. Oh iya, kamu bisa menambahkan potongan sayuran maupun daging kedalamnya.

4. Cream of potatoes soup

Makanan hangat dan praktis pastinya sangat cocok untuk sarapan. Yap, menu ini bisa jadi salah satu alternatifnya, loh! Cara membuatnya, cukup merebus kentang yang sudah dibersihkan dan haluskan.

Kemudian tumis bawang bombay dengan margarin hingg harum. Setelah itu, tambahkan bahan yang telah dihaluskan, cream atau susu dan air kaldu, aduk rata. Jangan lupa tambahkan sayuran di dalamnya. Oh iya hidangan ini, sangat cocok ditemani dengan roti.

Nah, gimana Teman Sehat? Mudah kan cara membuatnya. Ngga ada salahnya kamu memvariasikan asupan karbohidrat saat sarapan, dengan bahan pangan lainnya seperti ubi-ubian, roti,  jagung, oat, sereal, sorgum atau bahan pangan lainnya So, jangan lupa untuk mencobanya dirumah, ya! Jangan lupa juga share di bawah ini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *