4 Makanan Untuk Mencegah Morning Sickness

Halo, Teman Sehat! Sudah sarapan belum pagi ini? Berbicara soal sarapan, ada salah satu kondisi sarapan yang ngga dinginkan oleh sebagian perempuan, yaitu saat hamil dan morning sickness. Yap, gejala awal di masa kehamilan ini, membuat para ibu hamil (bumil) mudah mual dan muntah, sehingga nafsdu makan menjadi berkurang.

Biasanya kondisi ini terjadi pada awal masa kehamilan di trimester pertama, atau 16 minggu pertama kehamilan. Morning sickness bisa mengakibatkan terjadinya kekurangan gizi dan dehidrasi pada bumil. Nah untuk mencegah terjadinya hal ini, ada beberapa makanan yang bisa kamu jadikan sebagai sarapan pagi, diantaranya sebagai berikut check this out!

1. Pisang

Ternyata mengonsumsi pisang bisa mengurangi terjadinya morning sickness loh! Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan vitamin B6 yang tinggi. Vitamin B6 memiliki manfaat yang bisa mengurangi mual pada bumil. Oh, iya selain itu pisang mengandung vitamin C, asan folat, potassium, dan serat yang baik bagi kebutuhan gizi bumil.

2. Jahe

Konsumsi makanan yang mengandung jahe bisa mengurangi terjadinya morning sickness, loh! Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Mayland Medical Center, mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak 1 gram setiap hari pada saat kehamilan merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengurangi mual dan muntah di pagi hari.

3. Biskuit

Mengonsumsi biskuit bisa menambah asupan energi saat kamu mengalami morning sickeness. Hal ini dikarenakan biskuit mengandung karbohidrat, sebagai asupan alternatif selain nasi atau roti. Selain mengandung karbohidrat, biskuit juga mengandung zat gizi makro yang lain seperti protein dan lemak, yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Alpukat

Siapa sih, yang ngga tau alpukat? Yap, ternyata alpukat bisa membantu mengurangi terjadinya morning sickness pada bumil, karena vitamin B yang dikandungnya. Selain  itu, alpukat juga mengandung vitamin C, vitamin K, asam folat, kalium, serat, dan kandungan lemak tak jenuh yang baik buat bumil. Selain itu, alpukat juga membantu pertumbuhan jaringan pada tubuh, loh!

Gimana Teman Sehat? empat makanan di atas ternyata bisa mengurangi efek morning sickness saat sarapan. Nah untuk bumil, penting banget mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin B, agar mengurangi mual dan muntah di pagi hari. Ingat ya, sarapan itu penting bumil, karena si kecil juga butuh asupan yang baik untuk tumbuh kembangnya. Lalu, jangan lupa untuk sering mengonsumsi air putih agar terhindar dari dehidrasi!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *