5 Gaya Hidup untuk Mencegah Osteoporosis

Teman Sehat, osteoporosis merupakan penyakit silent epidemic disease karena ngga menunjukkan gejala-gejala spesifik. Penyakit ini ditandai dengan menurunnya massa tulang karena ketidakmampuan tubuh dalam mengatur kandungan mineral. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Bagaimana cara mencegahnya? Yuk, simak 5 gaya hidup yang bisa kamu terapkan di sini!

1. Mengonsumsi makanan gizi seimbang

Osteoporosis disebabkan oleh kurangnya kandungan mineral yang menyebabkan mengakibatkan tulang menjadi rapuh. Pemantauan asupan makanan gizi seimbang, perlu dilakukan untuk pencegahannya. Kamu memerlukan asupan zat gizi mikro kalsium, karena zat gizi ini merupakan komponen esensial struktur tulang.

Selain itu ada asupan zat gizi lain yang perlu kamu penuhi, seperti fosfor yang penting bagi struktur tulang dan vitamin D untuk meningkatkan penyerapan mineral kalsium. Asupan lemak yang cukup, juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon estrogen yang berfungsi dalam metabolisme tulang.

2. Berjemur

Tahukah kamu, sinar matahari akan mengubah pro-vitamin D yang ada di bawah kulit menjadi vitamin D. loh! Vitamin D berperan meningkatkan penyerapan kalsium di usus sekitar 30%, dibandingkan kalsium dari makanan yang cuma diserap usus sekitar 10-15%.

Seperti yang kamu tahu, kalsium berperan dalam pembentukan gigi dan tulang sehingga mencegah tulang keropos. Perlu diingat ya, ada beberapa persyaratan mengenai berjemur yang perlu kamu tahu di sini!

3. Olahraga

Joging bisa memperlambat terjadinya osteoporosis, karena memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi. Aktifitas fisik didefinisikan sebagai pergerakan tubuh yang diproduksi oleh otot, sehingga meningkatkan pengeluaran energi. Salah satu manfaatnya yaitu meningkatkan kerangka tulang dan kemampuan neuromuscular untuk mencegah kerapuhannya.

4. Hindari merokok

Perokok perempuan, memiliki hormon estrogen lebih rendah dibandingkan seseorang yang ngga merokok, sehingga menopause datang lebih cepat. Asap rokok, bisa menghalangi ovarium untuk memproduksi hormon ini.

Yap, fungsi hormon ini yaitu membantu pembentukan tulang dan pertahanan massa tulang. Hormon ini, ngga bisa  diproduksi oleh perempuan yang menopause. Sedangkan nikotin menyebabkan zat kapur ngga bisa diserap maksimal oleh tubuh.

5. Say no to alcohol!

Alkohol sangat memengaruhi kesehatan tulang, karena mengganggu keseimbangan kalsium sehingga produksi vitamin D juga terganggu. Mengonsumsi alkohol menyebabkan kekurangan hormon testosteron yang membantu produksi osteoblas (sel yang merangsang pembentukan tulang) pada pria.

Sedangkan pada perempuan menurunnya hormon estrogen, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, kadar kortisol yang meningkat, juga menurunkan  produksi pembentukan tulang dan meningkatkan kerusakan tulang, loh!.

Teman Sehat, osteoporosis bisa dialami oleh siapapun tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Perempuan, salah satu yang paling rentan terkena penyakit ini karena masalah hormon. So, sangat penting bagi kamu menjaga life style dalam mencegahnya. Jangan lupa bagikan informasi bermanfaat ke orang-orang yang kamu sayangi, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *