5 Keunikan Teh Putih

Teman Sehat, pernah minum teh putih ngga? Yap, jenis teh ini, kayanya masih terdengar asing di telinga kamu. Padahal jenis teh ini hampir sama dengan teh lainnya. Berasal dari tanaman yang sejenis dengan teh hijau, yaitu Camellia sinensis, teh jenis ini punya keunikan tersendiri, loh! Mau tau apa aja keunikannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Proses pengolahan

Proses pengolahan teh ini, lebih singkat loh, dari teh hijau! Dari bahan bakunya, daun yang digunakan pada pembuatan teh ini, lebih muda dari teh hijau. Setelah pemetikan, daun untuk pembuatan teh putih akan langsung dilayukan dengan penguapan atau pengeringan di bawah sinar matahari.

Sedangkan teh hijau, proses pelayuannya menggunakan sinar matahari atau pengeringan dengan oven. Proses pengolahan yang berbeda, akan menghasilkan rasa yang berbeda. Rasa teh putih, lebih ringan dan manis dibanding teh hijau yang memiliki rasa pahit. Selain itu, proses pengolahan yang singkat juga menjadikan teh ini lebih kaya zat antioksidan dan katekin.

2. Anti aging terbaik

woman wearing blue top lying on dried maple leaves during daytime photography

Profesor Declan Naughton dari Kingston University mengatakan, bahwa teh putih mengandung antioksidan dan antiaging (anti penuaan) yang lebih tinggi dibandingkan minuman lainnya seperti teh hijau, ekstrak parang, mawar, dan pomegranat. Kandungan dalam teh ini, mampu mencegah pemecahan kolagen dan elastin yang baik untuk elastisitas kulit.

3. Efektif melawan penyakit

Kamu pernah dengar ngga sih, kalau teh hijau itu baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh? Tapi ternyata, ekstrak teh putih lebih ampuh lagi loh, dalam melawan penyakit infeksi dari bakteri, virus, hingga jamur.

Penelitian dari Pace University’s Dyson College of Arts & Sciences mengungkapkan bahwa ekstrak teh ini, bisa menghancurkan bakteri jahat penyebab penyakit, seperti Streptococcus, Staphylococcus, Penicillium chrysogenum, dan Saccharomyces cerevisiae.

4. Mencegah kanker

Kandungan zat antioksidan polifenol di dalam teh, dipercaya bisa melawan sel kanker di dalam tubuh. Dalam penelitiannya, Gilberto Santana-Rios, Ph.D. menyatakan bahwa teh putih lebih efisien dalam menghambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan teh hijau atau jenis lainnya.

Menurut Dashwood, jenis antioksidan yang ada di dalam teh putih dan teh hijau sama, tapi jumlahnya berbeda. Semain banyak jumlah zat yang terkandung, maka akan lebih efektif melawan sel kanker.

5. Bisa menurunkan berat badan

Beberapa penelitian menyatakan bahwa, minuman herbal mampu menghambat pemecahan sel lemak di dalam tubuh. Menurut Marc Winnefeld, ekstrak teh putih bisa menurunkan pembentukan sel lemak baru. Hal ini dikarenakan, teh ini mengandung zat yang bisa menghambat pembentukan sel lemak.

Nah, sekarang kamu tau kan, 5 keunikan yang dimiliki teh putih yang ngga kalah dari teh hijau. Jadi ngga ragu lagi kan, buat mengonsumsi minuman yang satu ini? Yuk, share pengalaman minum teh kamu di sini!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *