5 Manfaat Senyum yang Penting Buatmu

smile-1

Halo Teman Sehat! Bagi kita yang selalu disibukkan dengan aktivitas kuliah atau pekerjaan, terkadang membuat kita lupa banyak hal, misalnya lupa makan, lupa mandi, atau bahkan lupa senyum!

Senyum bagi kebanyakan orang adalah bentuk ungkapan ekspresi bahagia, semangat, menghargai sesama, dan sebagai ekspresi pembawaan diri sebaik-baiknya.

Tapi, taukah kamu? Senyum mempunyai dampak positif yang sangat besar, terutama bagi kesehatan. Penasaran kan? Berikut beberapa manfaat senyum buatmu.

1. Senyum mampu mengubah suasana hati

Jika ternyata sakit hati mempunyai dampak sangat buruk bagi kesehatan karena akan menimbulkan penyakit tertentu, maka senyum punya manfaat besar loh untuk mengubah suasana hati kamu. Tentunya suasana hati akan menjadi lebih baik. Jika kamu sedang sedih, tersenyumlah!

2. Senyum mampu merangsang orang lain tersenyum

kids-1235091_640

Teman Sehat, tanpa disadari, ternyata senyum bisa menular loh! Sebuah artikel yang dimuat di British Medical Journal melaporkan bahwa senyum dapat menyebarkan cinta. Jika ada seseorang yang bahagia di suatu jaringan sosial, perasaan bahagia tersebut dapat menular pada dua orang lain di luar dirinya. Tertular penyakit mungkin berbahaya buatmu, tapi kalau tertular senyum kamu pasti mau kan? Hayo ngaku!

3. Senyum dapat menggerakkan kekuatan bawah sadar

Kekuatan bawah sadar sering kali berdampak positif bagi seseorang yang mampu mengendalikannya dengan baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dengan senyuman, ternyata mampu memandang sesuatu menjadi lebih positif daripada mereka yang tidak tersenyum. Bagi mereka, sesuatu yang membosankan dapat berubah menjadi lebih menarik, gambar netral dapat dinilai lebih positif, bahkan makanan atau minuman yang hambar dapat terasa lebih enak. Bermanfaat banget kan?

4. Murah senyum mampu memperpanjang umur

manfaat senyum

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa mereka yang murah senyum memiliki harapan hidup rata-rata lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak murah senyum. Lebih lanjut lagi, Psychology Today dalam situsnya menuliskan bahwa tentu senyum itu sendiri tidak menyebabkan umur panjang, tetapi dengan tersenyum menunjukkan bagaimana orang-orang menjalani hidup mereka.

5. Senyuman mampu melepaskan hormon endorfin

Endorfin adalah candu alami tubuh yang berfungsi untuk melepaskan stress dan meningkatkan perasaan bahagia. Banyak cara yang dilakukan seseorang untuk dapat melepaskan hormon endorfin. Cara paling familiar bagi kita adalah dengan berolahraga, tapi ternyata ngga hanya itu loh! Ada banyak hal lain yang mampu melepaskan hormon bahagia ini, seperti makan makanan tertentu, berbincang dengan rekan terdekat, bahkan salah satu cara yang cukup penting adalah dengan tersenyum.

Senyum itu ibadah. Tidak hanya berdampak bagi kesehatan, senyum juga memiliki dampak positif dari kehidupan beragama. Teman Sehat, ternyata masih banyak lagi manfaat senyum yang harus kamu tahu di kemudian hari. Yang terpenting, mulai sekarang biasakan terseyum, buat hari-harimu makin berwarna dengan senyumanmu. Selain berdampak positif bagi dirimu sendiri, senyuman juga mampu membuat orang-orang di sekitarmu merasakan dampak positif yang luar biasa. Ayo senyum! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *