5 Tips Atasi Bibir Kering saat Berpuasa

Teman Sehat, biasanya di saat puasa bibir terasa lebih kering dan ngga jarang menimbulkan bibir pecah-pecah. Hal ini bisa saja terjadi karena kurangnya asupan cairan di dalam tubuh. Oleh karena itu, pastikan asupan cairanmu tercukupi. Selain itu, kamu juga bisa cek tips di bawah ini untuk mengurangi bibir kering. Yuk, simak!

1. Madu

Madu dipercaya bisa melembabkan bibir, Teman Sehat. Dilansir dari Medical News Today, madu memberikan kelembapan yang tinggi, mengandung antioksidan dan juga bersifat antibakteri.

Nah, ketiga sifat ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan karena parahnya bibir yang kering dan pecah-pecah. Caranya, kamu bisa mengoleskan madu sesaat sebelum tidur dan juga sebelum sahur.

2. Hindari membasahi bibir dengan air liur

Kebiasaan yang mungkin sering kamu lakukan ketika mendapati bibir kering yaitu dengan membasahinya menggunakan air liur. Nah, mulai sekarang stop kebiasaan tersebut, ya!

Membasahi bibir dengan air liur, akan cenderung membuat bibirmu lebih kering dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan air liur akan cenderung lebih cepat untuk menguap dan mengurangi kelembapan pada bibirmu. Dikutip dari studi Liborija, menjilati bibir bisa menghilangkan kelembapan dan berdampak bibir pecah-pecah.

3. Banyak konsumsi air

Konsumsi air putih harus dilakukan sesering mungkin, nih! Air putih yang kamu konsumsi berfungsi memenuhhi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Ketika tubuh mengalami dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), maka menjadi salah satu penyebab bibir kering atau pecah-pecah. Setidaknya, konsumsilah air putih sebanyak 8 gelas sehari, menurut anjuran Kementerian Kesehatan atau konsumsilah lebih banyak, ya!

4. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan

Saat sahur dan berbuka, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi sayur dan juga buah, ya! Kandungan vitamin, seperti vitamin B dan C di dalam buah dan sayur, bisa membantu menjaga kesehatan bibirmu, loh!

Perbanyaklah konsumsi sayur dan buah, seperti apel, air lemon, brokoli, kacang-kacangan yang mengandung kedua vitamin tersebut. Dilansir dari laman healthline, kekurangan vitamin B terutama B9 (folat), B2 (riboflavin), B6, dan B12 merupakan gejala umum yang menyebabkan bibir pecah-pecah.

5. Gunakanlah sikat gigi

Salah satu treatment yang bisa kamu coba untuk eringankan gejala bibir kering dan pecah-pecah adalah dengan menggosokkan sikat gigi. Yap, gunakan sikat gigi yang dibasahi dengan air hangat, lalu gosokkan ke bibir secara halus. Hal ini dimaksudkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibirmu. Lakukanlah sesaat sebelum tidur atau setelah sahur ya, Teman Sehat!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengurangi bibir kering dan pecah-pecah. Selamat mencoba dan janga lupa share ke orang-orang terdekat kamu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *