Manfaat Kurma, Si Primadona di Bulan Puasa

Halo Teman Sehat! Kamu berbuka puasa dengan apa hari ini? Saat berbuka, kita disarankan untuk mengomsumsi yang manis-manis, salah satunya yaitu kurma. Selain rasanya yang manis, buah yang satu ini juga kaya akan manfaat loh! Pengen tahu apa aja?

Kurma (Phoenix dactylifera) adalah sejenis tumbuhan palem yang buahnya bisa dikonsumsi sebagai makanan pembuka puasa atau bahkan camilan sehat setiap hari. Khasiat kurma yang udah terkenal sejak dahulu diantaranya adalah mampu menghilangkan rasa sakit. Hal ini disebabkan Kurma mengandung kalium dan asam salisilat yang berperan sebagai zat anti nyeri. Nah, berikut manfaat kurma lainnya:

Memberi energi bagi tubuh

Kurma tinggi akan karbohidrat sehingga dapat menyediakan energi yang cukup setelah kamu berpuasa seharian. Sebagian kandungan gulanya terdiri dari gula sederhana berupa glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang mudah diserap tubuh. Kandungan gula tersebutlah yang dapat segera memberikan energi bagi tubuh saat kamu menyantapnya.

Memperbaiki pH lambung

Kandungan vitamin dalam setiap 100 gram kurma kering adalah 50 IU vitamin A, 0.09  mg tiamin, 0.10 mg riboflavin, dan 2.20 mg niasin . Vitamin-vitamin ini bekerja memperbaiki pH lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam kamu tidak memperoleh asupan makanan dan minuman.

Mencegah stroke

Kurma mengandung kalium, yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Kalium yang terdapat pada tiap buah kurma dapat bereperan dalam menurunkan tekanan darah, sehingga bisa mencegah stroke akibat hipertensi. Selain itu, kandungan salisilat dalam kurma juga dapat mencegah stroke iskemik yang diakibatkan oleh sumbatan aliran darah ke otak.

Meningkatkan kecerdasan otak

Fosfor berperan penting dalam mempertahankan kalsium pada tulang dan gigi. Selain itu, kandungan fosfor dalam buah kurma juga penting sebagai nutrisi otak, jika Teman Sehat mengonsumsi kurma secara teratur dalam jangka panjang, maka bisa bermanfaat untuk meningkatkan mencerdaskan otak.

Mengatasi gangguan pencernaan

Jika kamu sering mengalami gangguan pencernaan maka kurma bisa jadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi. Seperti buah lainnya, kurma mengandung serat yang dibutuhkan untuk mencegah gangguan saluran pencernaan. Dengan tekstur serat yang cukup halus, kurma aman dikonsumsi bagi kamu yang memiliki lambung yang sensitif dan radang usus.

Manfaat kurma bagi kecantikan

Selain memberikan manfaat bagi kesehatan, kurma juga dapat memberikan manfaat bagi kecantikan. Dalam 100 mg kurma terkandung 0,4 mg Vitamin C, jika kamu mengonsumsi kurma secara rutin dan teratur maka bisa mempertahankan elastisitas kulit. Kamu juga bisa melawan keriput dengan mengonsumsi kurma sehingga kamu akan terhindar dari penuaan dini.

Berapa banyak kurma yang harus dikonsumsi? Dengan mengonsumsi kurma sebanyak 3 biji per hari maka Teman Sehat bisa merasakan manfaat-manfaat di atas dan tentunya didukung oleh gaya hidup sehat lainnya. Nah, selain untuk buka puasa, kamu juga bisa memasukkan kurma ke dalam list camilan sehat yang dikonsumsi sehari-hari.

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *