6 Cara agar Kulit Sehat dan Awet Muda

Halo, Teman Sehat! Bagi kaum perempuan, salah satu resolusi tahun baru yang diinginkan adalah memiliki kulit sehat, awet muda, dan bercahaya. Banyaknya produk skincare yang beredar di pasaran, membuat kamu ingin menggunakan semua produk yang ada.

     

Mulai dari harga yang sedang sampai tinggi, dengan menjanjikan kesehatan yang ngga main-main. Tapi, tau ngga sih? Ternyata kulit kamu perlu dirawat dari dalam secara alami, loh! Hal ini dikarenakan perawatan alami, secara ngga langsung akan memperbaiki kerusakan yang mungkin terjadi di jaringan tubuh kamu.

Mau tau, zat gizi apa aja yang dibutuhkan agar tetap sehat? Yuk, simak penjelasannya di sini!

1. Vitamin C dan E

Vitamin C dan E membantu merawat kulit dengan meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas akan ‘melahap’ kolagen dan elastin (serat yang mendukung struktur), sehingga menyebabkan keriput dan tanda penuaan.

Kandungan zat gizi vitamin C ini, bisa kamu dapatkan dari buah dan sayur seperti pepaya, jambu, jeruk, kiwi,  brokoli, dan sayuran hijau lainnya. Sedangkan vitamin E, bisa didapatkan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, bayam, zaitun, asparagus, dan minyak sayur. Tapi ada beberapa orang cenderung mengonsumsi suplemen vitamin E karena dalam jumlah banyak cukup sulit didapatkan dari makanan.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B yang manfaatnya paling penting buat kulit adalah biotin (vitamin B7), karena biotin merupakan zat gizi yang bisa membentuk sel kulit, kuku, dan rambut. Tanpa asupan biotin yang cukup, maka kamu akan mengalami dermatitis (peradangan).

Kamu bisa mendapatkan asupan biotin dengan mengonsumsi oatmeal, pisang, telur, nasi (beras) dan sebagainya. Selain itu, ternyata tubuh kamu juga bisa menghasilkan biotin sendiri, loh! Sehingga kejadian kekurangan biotin termasuk ke dalam kejadian langka.

3. Vitamin A

Vitamin A berperan penting dalam mempertahankan dan memperbaiki jaringan kulit. Kamu bisa memperoleh vitamin A dengan mengonsumsi mangga, pepaya, wortel, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

4. Selenium

Selenium merupakan kunci dari pencegahan kanker kulit. Selenium yang mempunyai manfaat buat melindungi kulit dari sinar matahari yang membakar. Kamu bisa mendapatkan asupannya dengan mengonsumsi seral gandum, makanan laut, telur,  dan bawang putih.

5. Seng

Teman Sehat tau ngga? Terkadang, salah satu tanda kita kekurangan seng adalah ketika jerawat tumbuh! Seng bekerja untuk membersihkan kulit cara menahan produksi minyak berlebih. Sumber makanan yang kaya akan seng di antaranya : tiram, daging tanpa lemak, dan unggas.

6. Tembaga

Bersama vitamin C dan seng, tembaga membantu dalam produksi elastin, yaitu serat yang menopang struktur kulit bagian bawah. Selain itu, tembaga juga bisa membantu mengencangkannya juga, loh!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, gimana caranya merawat kuli agar tetap sehat, awet muda dan bercahaya? Terlepas dari bagaimana cara kamu merawat kulit, (baik dari luar maupun dari dalam), kamu juga perlu melakukan perilaku sehat seperti menghindari rokok, alkohol, dan ngga begadang! Jangan lupa juga untuk aktif bergerak, ya, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *