3 Tips Mengurangi Risiko Hipertensi di Tahun yang Baru

Teman Sehat, di tahun yang baru ini pasti kamu beresolusi agar tubuh menjadi lebih sehat, kan? Yap, menjaga kesehatan memang perlu dilakukan agar kamu bisa beraktivitas dengan baik dan terhindar dari penyakit tidak menular (PTM), salah satunya hipertensi.

Hipertensi merupakan naiknya tekanan darah lebih atau setara dengan 140/90mmHg. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa meningkatkan risiko timbulnya penyakit lain pada organ jantung maupun ginjal. Nah, buat mengurangi risikonya, yuk lakukan beberapa tips ini! Let’s check it out!

1. Jaga pola makan

Siapa sih, yang ngga suka dengan makanan fast food? Yap, makanan cepat saji yang  banyak mengandung ‘lemak’ ini, disukai banyak orang karena cepat dan mudah ditemukan, walaupun harga yang ditawarkan ngga murah.

  

Tapi, kamu tau ngga sih? Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi bisa meningkatkan risiko kegemukan dan tekanan darah tinggi, loh! Hal ini disebabkan penumpukan lemak jahat di dalam tubuh dan pembuluh darah.

Kamu bisa menurunkan risikonya dengan menjaga pola makan yang baik dan memasak makanan sendiri. Selain biaya yang dikeluarkan lebih murah, melakukan dua hal ini juga merupakan salah satu cara buat menjaga kesehatan di masa depan, loh! Jaga pola makan kamu dengan menerapkan pola gizi seimbang (PGS), konsumsi sayur dan buah yang cukup untuk mengurangi risiko terjadinya kegemukan dan terjadinya tekanan darah tinggi.

2. Perbanyak aktivitas fisik

Tekanan darah tinggi merupakan hal yang umum terjadi di kalangan pekerja. Hal ini dikarenakan kurangnya waktu untuk melakukan aktivitas fisik, sehingga menyebabkan banyaknya lemak menumpuk dalam darah dan menimbulkan tekanan darah tinggi.

Pasti kamu bingung aktivitas fisik yang dilakukan apa saja, apa perlu ke gym? Sebenarnya, kamu ngga perlu menguras uang terlalu banyak untuk melakukan hal ini, loh! Streching di sela-sela waktu bekerja, berjalan-jalan di sekitar gedung kantor atau saat pulang kantor menuju tempat transportasi umum, juga bisa, loh!

3. Hindari konsumsi alkohol dan merokok

Kamu pasti tahu kan? Berapa banyak uang yang bisa kamu tabung, jika dibandingkan dengan membeli minuman beralkohol atau merokok? Yap, kamu harus berpikir dua kali untuk hal ini, karena risiko timbulnya penyakit jangka panjang yang akan diterima dan biaya pengobatannya yang lebih besar. Selain tekanan darah tinggi, dua hal ini juga bisa meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan pernafasan dan sistem saraf.

Yuk, Teman Sehat! Mulai jaga dan atur pola makan kamu, agar bisa menjaga kesehatan hingga hari tua nanti. Ingat ya, lebih baik mulai terapkan pola hidup sehat dari sekarang dari pada menyesal kemudian!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *