6 Tips Keramas Cegah Rambut Rontok!

Teman Sehat, pernahkah rambutmu mengalami rontok? Jika iya, mungkin ada yang perlu kamu perhatikan saat keramas. Lalu, gimana ya cara keramas yang bisa mencegah kerontokan? Yuk, simak ulasannya di sini!

Rambut rontok, normal ngga, ya?

Tahukah kamu bahwa rambut mengalami siklus hidup yang terdiri dari fase pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan? Yap, jadi kamu ngga perlu khawatir, jika rambutmu rontok sekitar 50-100 helai per hari. Hal ini dikarenakan rambut baru akan tumbuh menggantikan yang sudah rontok.

Kamu perlu waspada, saat jumlah rambut yang rontok lebih banyak daripada biasanya. Perhatikanlah banyaknya rambut yang tertinggal di bantal maupun di sisirmu. Jika bertambahnya jumlah rambut yang rontok atau bahkan terjadi kebotakan, segera konsultasikan ke dokter, ya!

Tips keramas cegah rambut rontok

Alangkah baiknya melakukan pencegahan kerontokan sejak dini dengan cara memperhatikan pola makan, asupan suplemen, maupun treatment medis. Tapi, ada cara sederhana yang bisa kamu lakukan mulai dari keramas. Yuk, coba tips-nya di sini!

1. Menyisir rambut sebelum keramas

Menyisir sebelum keramas penting dilakukan, karena dalam keadaan kering, rambutmu cukup kuat untuk disisir. Sebaliknya, dalam keadaan basah, rambut lebih rapuh dan mudah rontok. Pilihlah sisir dengan gigi jarang untuk merapihkan rambut, karena rambut bebas kusut akan memudahkanmu saat keramas.

2. Menggunakan hair oil sebelum keramas

Kulit kepala yang kering bisa mengarah kepada melemahnya folikel rambut, sehingga mudah menyebabkan kerontokan dan ketombe. Kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan hair oil sebelum keramas. Gunakanlah minyak kelapa atau minyak zaitun ke seluruh permukaan kepala dan rambut selama 30 menit sebelum keramas.

Minyak kelapa berfungsi melindungi akar dan helai rambut dari kerusakan. Sedangkan minyak zaitun bisa melembabkan rambut dan mencegahnya rusak dan kering. Jangan lupa, lakukan pemijatan saat pengaplikasiannya agar bisa melancarkan aliran darah dan membantu pertumbuhan rambut.

3. Memijat kulit kepala saat keramas

Apakah saat keramas kamu terbiasa menggosok kulit kepala dengan kuat? Kalau iya, sebaiknya kurangi kebiasaan ini, ya! Ternyata cara keramas ini, secara ngga langsung bisa menyebabkan rambutmu rontok. Mulailah ganti kebiasaan ini dengan memijat kulit kepalamu secara lembut dan perlahan, ya.

4. Membilas dengan bersih

Saat membilas rambut, biarkan air mengalir di sepanjang rambutmu. Hindari menggosok rambut dengan kuat saat membilas karena bisa menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok. Pastikan juga rambutmu bersih dari sisa sampo.

5. Gunakan conditioner

Aplikasikan conditioner setelah selesai keramas. Pastikan mengaplikasikannya ngga langsung ke kulit kepala atau di sepanjang rambut, karena bisa membuat rambut lepek. Sebaiknya, aplikasikan di ujung-ujung rambut saja.  Penggunaan conditioner bisa memperbaiki tampilan rambut yang rusak dengan meningkatkan kilau, memperkuat rambut, dan melindunginya dari sinar UV yang berbahaya.

6. Keringkan rambut

Keringkan rambut menggunakan handuk untuk menyerap air dan biarkan hingga kering dengan sendirinya. Sebisa mungkin hindari mengeringkan rambut dengan menggosokannya ke handuk dan menggunakan hair dryer, karena bisa menyebabkan kerusakan rambut. Jika menggunakan hair dryer, gunakanlah pengaturan panas terendah. Kemudian jangan lupa sisir rambutmu saat setengah kering/lembab, ya!

Teman Sehat, sekarang sudah tahu-‘kan tips keramas untuk mencegah kerontokan? Jadi, cara apa saja yang sudah kamu lakukan? Yuk, mulai sekarang sayangi rambutmu! Stay healthy!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *