8 Kerugian Akibat Minuman Bersoda buat Tubuhmu

minuman bersoda

Halo Teman Sehat! Sensasi menikmati minuman bersoda emang ‘sesuatu’ banget, iya kan?

Tapi tahukah kamu? Kalau kamu setiap hari atau bahkan bisa sehari sampai 2 kali meminum minuman ini, akan ada beberapa dampak merugikan buat tubuhmu. Nah loh, apa ajakah itu?

1. Menyebabkan obesitas

Kandungan gula dalam sebotol minuman bersoda sama dengan 4 kali lipat gula dalam minuman manis lainnya. Hal ini memberi kalori berlebih pada tubuh dan efeknya menjadi obesitas. Ingat, obesitas adalah salah satu pemicu munculnya penyakit-penyakit lain. Di antaranya diabetes, stroke, kerusakan jantung koroner, dan lain-lain. Hmmm ngga mau kan?

2. Dapat menurunkan kualitas sperma bagi pria

Pria yang mengkonsumsi minuman bersoda secara sering atau bahkan rutin kemungkinan besar dapat mengalami penurunan kualitas sperma. Ngga mau begini kan, teman sehat?

sperm-956482_640

 3. Gangguan pada jantung

Minuman bersoda juga memiliki dampak buruk pada organ jantung. Kandungan natrium pada minuman ini dapat merusak kekuatan jantung dan dapat membuat gagal jantung.

4. Membahayakan Ginjal

Setelah dilakukan penelitian kepada mereka yang rutin mememinum minuman bersoda minimal 2 kali sehari, hasilnya sebanyak 30% responden mengalami kerusakan ginjal dan penurunan fungsinya. Menurut para ahli, hal ini terkait dengan kandungan minuman bersoda, yakni pemanis buatan, pewarna buatan, kafein, dan asam fosfat.

5. Meningkatkan risiko diabetes

Iyalah ya? Kandungan gula yang tinggi pada soft drink ini bisa membuat pankreas kita ‘kewalahan’ untuk menghasilkan insulin. Insulin yang berfungsi untuk menyimpan gula darah ke dalam hati tidak bisa bekerja. Akhirnya, gula darah tinggi dan ending-nya diabetes!

diabetes-528678_640

6. Meningkatkan osteoporosis

Taukah kamu? Minuman bersoda menghambat penyerapan kalsium loh. Akibatnya apa? Tulang mudah keropos alias bisa osteoporosis. Selain itu, ternyata minuman ini juga mengandung asam fosfat yang bisa menyebabkan penyakit kerapuhan tulang.

7. Meningkatkan Risiko Kanker Pankreas

Dalam suatu penelitian di Amerika Serikat, kandungan minuman ini terbukti sebagai salah satu pemicu timbulnya kanker pankreas. Dalam penelitian tersebut, 87% responden yang minimal mengkonsumsi minuman bersoda 2 kali sehari mengalami peningkatan risiko kanker pankreas.

8. Meningkatkan Kerusakan pada Gigi

gigi berlubang

Hal ini terjadi akibat kandungan zat gula yang ada di dalam minuman bersoda. Tak hanya itu, asam fosfat juga turut memperburuk kerusakan gigi dengan cara melarutkan kalsium gigi.

Nah, ayo kita ganti kebiasaan meminum soft drink dengan minuman lain yang bermanfaat bagi kesehatan. Contoh gampangnya adalah cukup dengan air putih! Dengan begitu, kamu akan terhindar dari risiko penyakit-penyakit serius yang mengancam tubuh. (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *