8 Makanan dan Minuman untuk Senyum yang Lebih Cemerlang

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu kalau kesehatan gigi kita dipengaruhi oleh makanan yang sering kita konsumsi? Menurut American Dental Association (ADA), penyakit gigi sering timbul akibat makanan yang dikonsumsi, namun sayangnya masih banyak orang yang ngga peduli dengan hal itu.

Menurut data Riskesdas (2013) terdapat 25.9% penduduk Indonesia memiliki masalah gigi dan mulut, 31.1% menerima perawatan dan pengobatan, sedangkan 68.9% lainnya tidak melakukan perawatan

Teman Sehat harus tahu ternyata ada cara mudah untuk mengurangi resiko penyakit gigi dan mulut bahkan membuat gigi kamu lebih sehat. Simpel aja, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat! Berikut adalah makanan dan minuman yang wajib kamu coba untuk membuat gigimu sehat dan terhindar dari penyakit gigi dan mulut.

1. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam pasti selalu muncul di daftar makanan yang menyehatkan. Jangan heran jika sayuran yang satu ini juga masuk ke daftar makanan yang dapat membuat gigimu sehat. Bayam memiliki kalsium yang tinggi  yang bisa membangun membangun email (lapisan luar) gigi. Bayam juga mengandung asam folat bisa mengobati penyakit gusi.

2. Keju

Kalau Teman Sehat mengaku sebagai salah satu pecinta keju, maka ini adalah kabar baik! Makanan berbahan dasar susu ini cocok untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Keju dapat mengurangi resiko kerusakan gigi karena mengandung kalsium dan protein yang dapat  memperkuat email  gigi.

3. Apel

Buah yang satu ini memang manis, tapi manis dari apel ngga akan membuat kesehatan gigi dan mulutmu terganggu bahkan apel dapat membuat gigimu menjadi lebih sehat. Kok bisa? Apel  tinggi akan serat dan kandungan air sehingga ketika kamu mengunyah apel maka akan diproduksi air liur dalam mulut yang akan menyebabkan bakteri dan partikel pengganggu yang menempel digigi akan terbilas. Tekstur berserat apel juga merangsang gusi menjadi lebih kuat dan memberikan efek seperti menggosok dan membersihkan gigi sehingga gigi akan lebih bersih dan kuat.

4. Almond

Almond udah pasti masuk ke dalam daftar makanan yang bisa membuat gigi dan mulut menjadi lebih sehat, kenapa? Dilihat dari kandungan gizinya, almond mengandung kalsium dan protein yang baik untuk pertumbuhan gigi, selain itu almond merupakan makanan yang rendah gula sehingga resiko penyakit gigi dan mulut semakin berkurang.

5. Yoghurt

Teman Sehat termasuk penggemar susu asam ini? Yoghurt merupakan makanan dengan kandungan kalsium dan protein yang baik untuk pertumbuhan dan kekuatan gigi. Selain itu, probiotik atau bakteri menguntungkan dalam yoghurt juga bermanfaat bagi gusi karena bakteri baik mengalahkan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang.

6. Seledri

Dibalik rasanya yang hambar, seledri memiliki manfaat untuk gigi dan mulutmu karena terkstur seledri yang agak berair dapat memberikan efek seperti menyikat gigi sehingga partikel sisa dan bakteri dari gigi dapat berkurang. Selain itu, seledri juga merupakan sumber vitamin A dan C, dua antioksidan tersebut akan membuat gusi menjadi lebih sehat.

7. Teh

Teh mengandung polifenol yang dikenal dapat mengurangi bakteri dan produk-produk beracun di dalam mulut. Teh juga mengandung fluoride, yaitu kandungan gizi yang sangat terkenal dapat menjaga kesehatan gigi. Namun teh akan lebih menguntungkan kalau diminum tanpa gula.

8. Wortel

Wortel memiliki tekstur yang renyah dan penuh dengan serat. Memakan wortel mentah akan meningkatkan produksi air liur dalam mulut yang dapat mengurangi risiko gigi berlubang.

Ternyata simpel ya Teman Sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Selain rajin sikat gigi, dengan mengonsumsi makanan di atas ternyata bisa loh bikin senyum kita tetap cemerlang. Ayo jaga kesehatan gigi dan mulut! Kalo bukan sekarang, kapan lagi? Jangan lupa tulis pendapatmu di kolom komentar ya!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *