8 Penyebab Mata Kering yang Wajib Kamu Tau

mata-kering

Teman Sehat, pernahkah kamu merasa tiba-tiba mata kering?

Atau mungkin kamu merasakan gejala seperti mata berair yang berlebihan, mata memerah, atau mata yang terasa gatal? Nah, ternyata hal tersebut adalah tanda-tanda dari gangguan penglihatan dry eyes atau mata mengering.

Apa sih yang dimaksud dengan dry eyes?

Ini merupakan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kurangnya cairan dan kelembaban di permukaan mata secara kronis, umumnya terjadi dikalangan perempuan, terutama karena ketidakteraturan hormon.

Apa aja penyebab mata kering?

1. Membaca atau menggunakan alat digital dalam waktu lama

Jangan lupa untuk beristirahat setiap 15 menit dengan memejamkan mata beberapa saat. Selain itu juga berkedip setidaknya setiap 5 detik agar kelembaban mata terjaga.

2. Tinggal atau bekerja pada lingkungan yang kering

Hindari mengucek mata karena dapat menggangu kerja air mata dan menyebabkan iritasi mata. Coba juga obat tetes mata yang dapat membantu melembabkan mata. Hidrasi mata juga dapat dilakukan dengan banyak meminum air mineral.

3. Penggunaan kontak lensa yang terlalu lama

Kontak lensa dapat menyebabkan mata kering karena menghisap cairan mata. Pastikan kontak lensa yang kamu gunakan bersih dan jangan menggunakan terlalu sering dan dalam waktu terlalu lama. Selain itu, saat ini juga sudah terdapat beberapa tipe kontak lensa yang khusus untuk kamu yang memiliki dry eyes.

4. Operasi lasik

Pastikan kamu rutin berkonsultasi dengan dokter mata setelah melakukan operasi.

5. Alergi pada obat-obatan

Sebelum membeli obat, tanyakan pada dokter atau apoteker obat mana saja yang kandungannya diperkirakan dapat menimbulkan efek tertentu pada mata yang sensitif

6. Mengonsumsi makanan yang rendah kandungan asam lemak esensial

Konsumsi makanan maupun snack dengan kandungan gizi lengkap, hindari makanan dengan kandungan kolesterol tinggi. Cobalah konsumsi makanan dengan gandum utuh, rendah gula, dan bukan hasil olahan. Hal ini akan membantu mengontrol level insulin dan mengontrol inflamasi

7. Gangguan kesehatan seperti diabetes, artritis, lupus

8. Gangguan kelenjar yang meproduksi air mata

Yuk hindari penyebab mata kering supaya kelembapan mata kita terjaga, sehingga terhidar dari dry eyes.

Apakah kamu pernah mengalami mata kering ini? Kira-kira, kenapa penyebabnya? Yuk tuliskan jawabanmu di kolom komentar! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *