Apa aja ya, Zat Gizi yang Dibutuhkan Bumil?

Halo, Teman Sehat! Calon ibu atau mamah muda yang sedang mengandung, pasti dikehamilan pertama ingin sekali si kecil lahir dengan proses kelahiran normal dan keadaan sehat. Yap, hal ini perlu didukung dengan asupan zat gizi dan aktivitas fisik yang baik buat ibu hamil (bumil).

Seseorang yang sedang mengandung, ngga cuma memenuhi asupan zat gizi untuk dirinya sendiri, loh tapi juga untuk si kecil. Oleh karena itu, porsi makan dan asupan zat gizi bumil akan lebih banyak dari orang pada umumnya. Mau tau apa aja zat gizi yang dibutuhkan bumil? Let’s check it out!

Kebutuhan zat gizi bumil

Ternyata kebutuhan zat gizi pada bumil, tergantung pada kebutuhan usia kehamilannya, loh! Semakin besar usia kandungannya, maka semakin banyak asupan zat gizi yang dibutuhkan bumil dan si kecil yang ada di dalam kandungannya.

Pada trisemester 1, terjadi proses pertambahan jumlah sel, dan pembentukan organ, sehingga perlu didukung asupan zat gizi dari protein, asam folat, vitamin B12, zink dan yodium. Walaupun pada usia ini pertumbuhan si kecil belum pesat, semua zat gizi yang dibutuhkan harus dipenuhi untuk persiapan pada trisemester selanjutnya.

Pada trisemester 2 dan 3, tumbuh kembangan si kecil mulai pesat, sehingga zat gizi yang dibutuhkan lebih beragam, seperti protein, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin B kompleks dan asam lemak omega-3 dan omega-6.

Trisemester 1

Pada usia ini, kebutuhan zat gizi protein meningkat, karena dibutuhkan untuk pembentukan sel tubuh si kecil dan mempertahankan kesehatan tubuh bumil dalam bentuk cadangan energi dan pembentukan darah. Zat gizi ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi protein hewani, seperti ikan, daging, susu dan telur.

Zat gizi asam folat dibutuhkan untuk pembentukan sel dan sistem saraf. Zat gizi ini, bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan. Vitamin B12 dibutuhkan untuk pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan sel saraf. Zat gizi ini bisa kamu dapatan dengan mengonsumsi ikan, kerang dan daging sapi.

Zat gizi mikro

Zat gizi mikro seperti zink dan yodium juga dibutuhan tubuh, loh! Zink dibutuhkan untuk pertumbuhan organ tubuh dan beberapa produksi enzim, dengan mengonsumsi daging, produk susu, kacang-kacangan dan sebagainya.

Yodium juga berperan penting dalam pembentukan hormon, perkembangan otak, dan sistem syaraf. Zat gizi ini terdapat pada makanan laut seperti ikan, udang, kerang dan rumput laut.

Trisemester 2 dan 3

Pada usia ini, kebutuhan zat gizi bumil semakin meningkat, karena tumbuh kembang si kecil mulai pesat. Adanya tambahan asupan zat gizi seperti zat besi, akan membantu pembentukan sel dan jaringan si kecil. Selain itu zat besi juga membantu membentuk hemoglobin pada sel darah merah, yang akan mengurangi risiko bayi lahir dengan berat kurang.

Konsumsi ikan, daging, hati dan tempe, akan membantu menabah asupannya, loh! Kalsium dibutuhkan untuk pembetukan tulang dan gigi si kecil. Kamu bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi sayuran hijau, ikan teri, kacang-kacangan, susu dan produk olahannya.

Hampir sama dengan kalsium, magnesium juga memiliki manfaat yang sama untuk pembentukan tulang dan gigi. Asam lemak esensial (omega-3 dan 6) juga berfungsi buat pembentukan jaringan tubuh dan perkembangan otak, loh!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, zat gizi apa  yang dibuthkan selama kehamilan? Selalu penuhi kebutuhannya ya, Teman Sehat! Karena kalau ibu ngga memenuhi kebutuhan asupannya, maka zat gizi yang ada di dalam tubuh ibu akan diserap oleh si kecil, sehingga akan berbahaya bagi kesehatan ibu dan anak.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *