Apa ya, Perbedaan 3 Jenis Cokelat ini?

Teman Sehat, siapa sih yang ngga tahu cokelat? Yap, camilan yang satu ini, selain rasanaya enak, juga bisa memperbaiki mood kamu, loh! Oh iya, kamu tau ngga, cokelat yang kamu lihat di pasaran ternyata banyak jenisnya. Mulai dari dark, white dan milk cokelat. Kira-kira apa ya, perbedaannya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Bahan dasar

Sebelum menjadi cokelat kemasan yang kamu konsumsi, produk ini melewati proses yang panjang, loh! Mulai dari pemilihan buah kakao, fermentasi biji kakao, pengeringan dan penyangraian.

   

Proses selanjutnya yaitu penggilingan biji kakao menjadi pasta cokelat. Yap, pasta inilah yang akan dipisahkan menjadi lemak cokelat dan cokelat bubuk yang di proses menjadi berbagai jenis cokelat. Lalu, apa ya, perbedaan antara dark, white, dan milk chocolate? Let’s check it out!

Dark chocolate

Jenis produk ini, memiliki presentase kakao dan lemak tertinggi dari semua janis cokelat, loh! Jenis produk ini mengandung lebih dari 70% kakao. Rasanya cenderung lebih pahit, biasanya bisa dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai bahan kue. Teksturnya kering, berkapur, dan kadar gulanya rendah. Selain itu produk ini memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari jenis yang lainnya.

White chocolate

Produk ini, cuma mengandung 20% lemak cokelat dan 14% susu murni. Cokelat ini ngga mengandung kakao, sehingga kurang pas kalau disebut sebagai cokelat. Biasanya produk ini, dicampur dengan vanila untuk menambah rasa. Teksturnya lebih halus, seperti mentega dengan rasa creamy dan manis.

Milk chocolate

Jenis produk ini paling terkenal di dunia, loh! Komposisi cokelat ini, hampir sama dengan cokelat hitam, tetapi ditambahkan susu. Mengandung 10% kakao dan 12% susu murni dan gula. Biasanya, produk ini ditambah dengan vanila untuk memberikan rasa dan lesitin untuk menghaluskan tekstur produk ini. Produk ini juga punya rasa yang manis dan lembut sehingga disukai oleh anak-anak, dan biasanya dikonsumsi sebagai camilan.

Nah Teman Sehat, gimana? Sekarang sudah tahu kan perbedaan ketiga jenis cokelat ini? Yap, setelah mengetahui perbedaannya, pilihlah cokelat yang sesuai dengan yang kamu inginkan. Selamat mencoba, jangan lupa share pengalaman makan cokelat kamu di sini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *