Manfaat Sarapan yang Perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, tahukah kamu? Sarapan merupakan hal yang penting dilakukan, sebelum beraktivitas, loh! Yap, setelah hampir 8-10 jam saluran pencernaan kamu beristirahat, tubuh membutuhkan asupan makanan sebagai sumber energi untuk beraktivitas.

Bagi sebagian orang, mungkin kegiatan ini masih dianggap ngga penting. Tapi ternyata hal ini sangat dibutuhkan, loh oleh tubuh kamu! Yap, dilansir dari International Journal of Gastronomy and Food Science, jumlah asupan yang harus dikonsumsi saat sarapan yaitu sekitar 15-25% dari kebutuhan energi sehari-hari, sekitar 300-500 kalori untuk perempuan dan 375-625 untuk laki-laki.

Nah, karena sarapan itu penting, yuk simak apa aja manfaat dan dampaknya jika kamu ngga kegiatan ini. So. let’s check it out!

4 manfaat sarapan

  • Memberikan energi

Mengonsumsi menu sarapan dengan makanan bergizi seimbang, akan memberikan  kamu energi sepanjang hari. Oleh karena, sebaiknya konsumsi makanan bergizi saat sarapan. Kamu bisa mengatur menu makanan sesuai dengan anjuran isi piring makanan ku, yaitu 1/2 piring pertama berisikan makanan pokok (nasi/ubi/mi/sumber karbohidrat lainnya) dan lauk (hewani/nabati). Selain itu, 1/2 piring selanjutnya berisikan sayuran dan buah-buahan. 

  • Meningkatkan mood

Sarapan juga bisa memengaruhi mood, loh! Saat kamu meninggalkan sarapan, maka emosi akan mudah berubah menjadi kesal dan marah, karena belum ada asupan yang masuk ke dalam tubuh. Nah, supaya hal ini ngga terjadi, biasakan untuk memulai hari dengan sarapan, agar suasana hati lebih baik dan stres di pagi hari bisa teratasi.

  • Lebih fokus

Kebiasaan sarapan juga bisa membuat kamu menjadi lebih fokus dan produktif saat  belajar atau bekerja, karena perut sudah terisi. Kalau kamu ngga sarapan, kemungkinan daya pikir bisa menurun.

  • Membantu menurunkan berat badan

Tahu ngga? Sarapan dengan menu yang seimbang, bisa membantu menurunkan berat badan. Kenapa? Karena kalau kamu sarapan, tubuh ngga akan merasa lapar lebih cepat, sehingga keinginan untuk makan berlebihan, bisa dihindari.

Akibat meninggalkan sarapan

Tahukah kamu? Kalau melewatkan sarapan bisa berakibat ngga baik, loh buat kesehatan tubuh. Beriku ini beberapa hal yang terjadi kalau kamu ngga sarapan. Let’s check it out!

  • Kadar gula darah menurun

Kalau kamu melewatkan sarapan, maka tubuh ngga punya asupan zat gizi yangdiubah menjadi energi untuk aktivitas sehari-hari. Akibatnya, kadar gula darah menurun dan tubuh mengalami kekurangan energi. Jika gula menurun, kamu akan merasa pusing bahkan pingsan.

  • Tubuh mudah lelah

Kalau kamu melewatkan sarapan, akan menghambat kerja sistem metabolisme dan menyebabkan tubuh jadi mudah lelah. Hal ini disebabkan, saat otak mengirim sinyal lapar, tubuh butuh sumber energi baru. Kemudian metabolisme tubuh mulai merubah lemak menjadi energi. Seiring dengan berjalannya waktu, tubuh mengalami kekurangan lemak, sekaligus mengurangi jaringan otot, sehingga tubuh mudah terasa lebih lelah.

  • Terjadi perubahan hormonal

Jika perut kosong di pagi hari, maka keseimbangan hormon di dalam tubuh akan terganggu. Yap, perubahan ini, akan meningkatkan produksi hormon kortisol, yaitu salah satu pemicu utama penyebab stres.

Stres ditandai dengan dengan meningkatnya tekanan darah, gula darah, obesitas, dan timbulnya jerawat. Ngga cuma itu aja, loh! Sarapan juga mengganggu keseimbangan hormon insulin yang mengatur kadar glukosa di dalam tubuh. Akibatnya pankreas sulit menghasilkan jumlah insulin yang tepat untuk mengontrol darah.

Nah, itulah beberapa informasi terkait pentingya sarapan. Yap, jangan lupa terapkan pola hidup sehat, agar kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan produktif. Selamat mencoba! Jangan lupa share pengalaman kamu di sini, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *