Yuk, Intip Manfaat Wortel!

Teman Sehat, kamu pasti tahu jenis sayuran yangbaik untuk memelihara kesehatan mata. Yap, wortel merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari, karena warnanya yang menarik dan rasanya yang manis.

Sebagai sayuran, wortel adalah sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan. Tapi kamu tau ngga sih, ternyata kandungan zat gizi ini bermanfaat loh, bagi tubuh. Mau tau apa aja manfaatnya? Let’s check it out!

Kaya akan vitamin

Kamu tau ngga? Setiap 100 g wortel mentah, mengandung 1.067 mikrogram vitamin A dalam bentuk beta-karoten (sekitar 6.400 mikrogram), loh! Apa  sih, gunanya? Setiap orang dewasa disarankan mendapatkan asupan 600-700 mikrogram vitamin A per hari. Jumlah ini bisa dengan mudah kamu dengan mengonsumsi makanan yang vitamin A, salah satunya mengonsumsi wortel yang mengandung vitamin A cukup tinggi.

Untuk memenuhi satu mikrogram vitamin A, tubuh memerlukan 6 mikrogram beta-karoten. Kandungan wortel yang punya beta-karoten lebih tinggi, maka 100 g wortel bisa memenuhi lebih dari 1,5 kali rekomendasi harian rata-rata untuk vitamin A. Selain kaya akan vitamin A, wortel adalah sumber yang sangat baik vitamin K dan C, serat makanan, dan kalium.

Beta-karoten

Beta-karoten merupakan zat warna orange/merah yang ada pda wortel. Selain itu, zat ini merupakan komponen penting pembentuk vitamin A dan antioksidan. Yap, antioksidan akan menjaga kesehatan kulit kamu dari zat radikal bebas, sehingga kulit menjadi terjaga. Selain itu, beta-karoten juga punya fungsi sebagai perlindungan terhadap sengatan sinar matahari, meningkatkan kepadatan dan ketebalan kulit.

Ngga selamanya baik,

Mengonsumsi wortel secara berlebihan, bisa menyebabkan kamu terkena  karotenemia yaitu ketika kandungan karoten terlalu tinggi di dalam darah. Kondisi ini ditandai dengan warna kulit yang menguning sementara (pseudojaundice). Jika kondisi ini terjadi, hubungi tenaga kesehatan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa manfaat wortel yang perlu kamu tahu. Yuk, jadikan biasakan konsumsi wortel dalam aktivitas sehari-hari sebagai gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan tubuh! Jangan lupa tetap imbangi dengan konsumsi makanan yang seimbang dan bergizi, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *