Apakah Gizi Seimbang sama dengan 4 Sehat 5 Sempurna?

Teman Sehat, tahukah kamu pedoman gizi yang sekarang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia? 4 Sehat 5 Sempurna atau Pedoman Gizi Seimbang (PGS), ya? Masih banyak loh, yang menganggap kalau pedoman gizi yang diterapkan adalah 4 Sehat 5 Sempurna. Padahal pedoman gizi ini sudah alam diganti dengan yang baru yaitu Pedoman Gizi Seimbang. Mau tahu apa bedanya? Yuk, simak!

Penekanan pesan

Seperti yang kamu tahu, konsep 4 Sehat 5 Sempurna lebih menekankan susu sebagai penyempurnanya dan menekankan pentingnya empat golongan makanan yaitu, karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein sebagai zat pengatur, vitamin dan mineral sebagai zat pemelihara.

Sedangkan konsep Pedoman Gizi Seimbang, kamu perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan zat gizi yang beragam dan jumlahnya sesuai dengan kebutuhanmu. Konsep ini juga memperhatikan prinsip 4 pilar yaitu, keanekaragaman pangan, perilaku hidup bersih sehat, aktivitas fisik, dan mempertahankan berat badan normal.

Susu sebagai penyempurna

Pada konsep 4 Sehat 5 Sempurna, 4 sehat terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan yang akan menjadi 5 sempurna jika terdapat susu sebagai penyempurna. Sedangkan dalam konsep PGS, susu termasuk kedalam kelompok lauk pauk, bukan sebgaai penyempurna.

Minuman ini juga bisa diganti dengan jenis makanan lainnya yang nilai gizinya setara. Seperti yang kamu tahu, susu merupakan salah satu sumber protein dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika kebutuhan zat gizi mikro ini sudah tercukupi, kamu bisa mengonsumsi beragam sumber protein lainnya seperti telur, daging, ikan.

Porsi makanan

Pada konsep 4 sehat 5 sempurna, ngga dijelaskan secara langsung mengenai porsi (ukuran) makanan, seperti cukup memenuhi atau sudah kelebihan dalam konsumsi hariannya. Asumsi porsi nasi, sayur, buah dan lauk pauk adalah sama. Sedangkan pada konsep PGS, kamu akan mendapatkan penjelasan tentang jumlah porsi yang perlu diterapkan setiap harinya.

Contohnya, setiap hari tubuh kamu membutuhkan asupan protein nabati (tempe, tahu) 2-4 porsi, protein hewani (daging ayam/sapi/ikan/dll) 2-4 porsi, makanan pokok (nasi/singkong/roti/beras jagung) 3-8 porsi, sayuran 3-5 porsi, buah 3-5 porsi, dan jangan lupa minum air putih minimal 8 gelas.

Olahraga dan asupan cairan

Konsep 4 Sehat 5 Sempurna ngga menjelaskan, bahwa tubuh perlu olahraga dan minum air mineral secara cukup, aman dan bersih. Sedangkan konsep PGS menekankan pentingnya olahraga dan minum air untuk mencegah dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Rutin berolahraga dan menjaga keseimbangan asupan cairan, berperan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Selain itu juga membantu kelancaran sistem metabolisme tubuh. Setiap hari, minimal minumlah air mineral minimal 2 liter atau lebih kurang 8 gelas perhari dan rutin olahraga, minimal 30 menit.

Nah, itulah beberapa perbedaan mendasar konsep 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang. Gimana Teman Sehat? Sudah siapkan move on dari 4 Sehat 5 Sempurna?

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *