Beberapa Fakta tentang Mouthwash yang perlu Kamu Tahu!

Teman Sehat, menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang penting dilakukan setiap harinya. Yap, hal ini dilakukan untuk menjaga gigi dan mulut agar terhindar dari keluhan dan penyakit yang bisa merusak gigi dan mulut.

Ternyata menjaga kesehatan gigi dan mulut ngga cuma dengan menyikat gigi aja, loh! Mouthwash (obat kumur) juga penting mendukung perawatan kesehatan dan mulut kamu. Mau tahu kenapa? Yuk, simak!

Manfaat mouthwash

Ternyata selain mencegah gigi berlubang dan menyegarkan napas, mouthwash juga memiliki banyak manfaat, loh! Diantaranya, mencegah kerusakan gigi, radang gusi, rongga mulut dan mengurangi karang gigi, mencegah radang gusi dan rongga mulut.

Selain itu, manfaat yang ngga kalah penting adalah membunuh bakteri di permukaan dan daerah yang sulit dijangkau pada rongga mulut, bahkan mengurangi risiko bakteremia (bakteri yang terdapat di dalam darah). Sehingga, mouthwash efektif membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Inilah yang perlu diperhatikan!

Saat memilih mouthwash, kamu perlu memperhatikan beberapa kandungan zat aktif yang ada di dalamnya, yaitu:

  • Kandungan zat astringents

Bahan seperti zinc chloride dan citric acid, bisa memberikan rasa yang nyaman dan  segar pada mulut. Kedua zat ini bisa mengerutkan jaringan pada rongga mulut, yang akan memuculkan rasa nyaman ketika menggunakan mouthwash.

  • Fluoride

Kandungan fluoride yang ada pada mouthwash, bisa membantu melawan kerusakan pada gigi, loh! Caranya dengan meningkatkan lapisan enamel atau mahkota gigi sehingga pengikisan gigi bisa dihindari.

  • Tanpa alkohol

Beberapa mouthwash yang banyak dijual di pasaran, sebagian besar mengandung alkohol. Sebaiknya pilihlah dengan kandungan tanpa alkohol, agar ngga menimbulkan sensasi tertentu, seperti rasa panas terbakar dalam rongga mulut.

  • Anti-plak

Kandungan anti-plak, akan membantu melepaskan plak dari gigi dan permukaannya. Bahkan plak yang berada di bagian sela-sela gigi dan garis gusi. Garis gusi merupakan suatu daerah pertemuan antara gusi dan bagian terbawah dari mahkota gigi.

Cara menggunakan yang tepat

Setiap produk ini, punya instruksi penggunaan masing-masing dan pastikan ikuti anjuran sesuai dengan kemasannya. Biasanya, produk ini digunakan dua kali, yaitu pada pagi dan malam hari, terutama setelah menyikat gigi.

Tapi, ngga masalah jika kamu menggunakannya sebelum atau sesudah menyikat gigi. Ajarkan pada orang-orang terdekat mu cara menggunakannya, yaitu dengan berkumur-kumur hingga ke ujung tenggorokan selama 30 – 60 detik. Gunakan gelas takar pada saat menggunakannya. Hindari menggunakan lebih dari takaran, kecuali direkomendasikan oleh dokter.

Teman Sehat, ituhah cara memilih mouthwash yang benar. Yuk, jaga kesehatan gigi dan mulut untuk tetap menjaga kesehatan tubuh!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *