Beralih ke Eco Cosmetics yang Ramah Lingkungan

Sahabat Sehat, pernahkah terlintas dipikiran mengenai dampak lingkungan penggunaan kosmetik dan skincare? Saat ini sudah banyak brand kosmetik yang menawarkan produk eco cosmetics, sehingga konsumen ngga hanya menginvestasikan uang untuk kecantikan, tetapi juga menjaga alam.

mengenal eco cosmetics
Foto: Pexels.com

Kosmetik ramah lingkungan

Seiring kesadaran akan efek buruk kosmetik konvensional terhadap lingkungan, berbagai perusahaan kosmetik dan skin care mulai menjajaki peluang industri eco cosmetic. Kosmetik ramah lingkungan merupakan istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan produk dengan menggunakan formulasi, praktik produksi, dan metode pengemasan ramah lingkungan. Dalam formulasinya kosmetik ramah lingkungan menggunakan pengemulsi dan bahan alami dalam produk mereka. Bilapun eco cosmetics menggunakan pengawet, maka bisa dipastikan telah tersertifikasi.

Kosmetik konvensional vs ramah lingkungan

Kemasan produk kosmetik memerlukan waktu ratusan tahun untuk terurai dan pembakaran sembarangan menyebabkan cemaran kimia berbahaya seperti dioksin masuk ke dalam tanah, udara dan air. Kosmetik konvensional seringkali mengandung silikon, minyak mineral, polimer sintetik, pengawet, dan pewangi buatan. Penggunaan jangka panjang dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Kosmetik organik diformulasikan dengan mengedepankan keamanan konsumen dan lingkungan. Produsen mempergunakan bahan dari tumbuhan, seperti minyak nabati, minyak atsiri, hasil ekstrak, dan pewangi alami yang menggantikan unsur sintetik. Produk ini dipandang lebih aman karena menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, dan menghindari risiko aditif ketergantungan pada suatu produk.

Perusahaan kosmetik ramah lingkungan berorientasi pada teknologi efisien yang membantu mengurangi konsumsi energi dan air, emisi, dan limbah. Kemasan yang bisa didaur ulang telah dikembangkan dan menggunakan bahan dari sumber daya terperbarui, menggunakan pelapis berbasis air, dan tinta nabati. Dewasa ini, berbagai perusahaan kosmetik telah berupaya untuk menganut sustainable living.

Keuntungan kosmetik ramah lingkungan

Produk non-toksik

Kosmetik ramah lingkungan biasanya sudah terjamin menggunakan bahan non-toksik sehingga aman bagi konsumen dan alam. Beberapa bahan yang mungkin memberi efek negtif seperti paraben, BHT dan BHA, phthalates, oktinosat dan oksibenzona, serta triklosan bisa saja ditemukan pada kosmetik konvensional.

kelebihan dari eco cosmetics
Foot: Freepik.com

Bahan organik

Perusahaan kosmetik ramah lingkungan juga memastikan bahan alami yang mereka gunakan dibudidayakan dengan GMP yang tepat bagi alam. Jika dinyatakan bahwa produk tersebut menggunakan bahan organik, itu berarti minyak (minyak argan, minyak almond, flaxseed oil), pigmen tumbuhan, dan komponen lainnya dibudidayakan tanpa pestisida dan insektisida. Bahan alami yang digunakan memiliki efek positif bagi kulit seperti kandungan antioksidan tinggi sebagai anti-aging.

Bersahabat untuk semua jenis kulit

Kosmetik ramah lingkungan cocok dengan semua jenis kulit, bahkan yang paling sensitif sekalipun. Krim organik ngga mengandung pengawet buatan atau parfum sintetis yang dapat menyebabkan alergi atau efek negatif pada anak-anak dan kulit sensitif.

Cruelty-free

Produk berlabel “cruelty free” ngga diujikan pada hewan, dan ngga ada pula bahan dalam formulasi yang diujicobakan ke hewan.

Kemasan bisa didaur ulang

Kemasan yang digunakan dapat terurai atau bisa didaur ulang, sehingga mengurangi jumlah limbah yang dihasilkan. Botol kaca, biodegradable karton, dan serat bambu menjadi pilihan kemasan yang sering digunakan.

Sumber daya ramah bumi

Dibutuhkan banyak energi dari awal proses laboratorium untuk formulasi, mesin produksi, hingga ke delivery. Perusahaan kosmetik ramah lingkungan, sedemikian rupa mengatur efisiensi energi dan memastikan bahwa energi yang digunakan berasal dari sumber terbarukan.

Melihat berbagai manfaat di atas, tentunya Sahabat Sehat bisa mempertimbangkan untuk berganti produk ke eco cosmetics. Jadi, kamu tertarik mencobanya ngga?

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Anonim. 2022. Eco-friendly Cosmetic Manufacturing in Europe. https://zignify.net/eco-friendly-cosmetic-manufacturing-in-europe/. Diakses 8 Januari 2022.

Crudele, M. 2020. 5 Advantages of Choosing Eco-Friendly Cosmetics. https://ecobnb.com/blog/2020/04/eco-friendly-cosmetics/. Diakses 8 Januari 2022.

Emily. 2021. 6 Eco-Friendly Makeup Brands You’ll Love (Natural, Safe & Sustainable). https://citizensustainable.com/eco-friendly-makeup/. Diakses 8 Januari 2022.

Perry, AJ. 2021. Advantages of Choosing Eco-friendly Cosmetics https://www.sooperarticles.com/shopping-articles/cosmetics-articles/advantages-choosing-eco-friendly-cosmetics-1807697.html. Diakses 8 Januari 2022. 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.