Rutin Membawa Bekal ke Kantor? Kenapa Ngga!

Halo Teman Sehat! Kebiasaan membawa bekal sekiranya mulai berkurang seiring dengan bertambahnya umur. Setuju? Saat sekolah dasar dulu, bekal makanan ngga pernah absen dalam tas kita. Tapi, apakah kebiasaan membawa bekal tetap berlanjut di usia remaja atau dewasa? Bagi mereka yang bekerja di kantoran, kebiasaan membawa bekal sepertinya udah mulai berkurang.

Kebiasaan membawa bekal merupakan tradisi baik yang harus dilestarikan. Ada berbagai manfaat yang bisa diperoleh jika Teman Sehat membawa bekal ke kantor. Apa aja?

1. Terhindar dari konsumsi makanan tidak sehat

Membawa makanan sendiri tentu sudah terjamin kebersihannya. Teman Sehat tahu betul bagaimana makanan tersebut diproses serta tingkat keamanan dan kelezatannya. Banyak sekali kasus penyakit menular seperti diare, disentri, dan tipes yang diakibatkan konsumsi makanan yang tidak higienis. Jika membeli makanan di luar, kita harus bersiap-siap dengan risiko tersebut.

Mengonsumsi junk food merupakan kebiasaan lain di kalangan orang kantoran, didukung oleh kemudahan memperoleh makanan tersebut melalui sistem delivery atau pesan lewat ojek online. Bisa dibayangkan dampak kesehatannya jika perilaku makan seperti ini dilakukan terus-menerus, pastinya Teman Sehat akan lebih berisiko terkena obesitas dan berbagai penyakit tidak menular.

2. Diet akan lebih terkontrol

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan yang tahun demi tahun mengalami peningkatan. Tidak sedikit orang yang harus berjuang melakukan diet ketat untuk memperoleh berat badan ideal. Apakah Teman Sehat salah satunya? Jika ya, masukan “membawa bekal” ke dalam to do list sehari-hari. Dengan membawa bekal, kamu bisa mengontrol jumlah, jenis, dan jam makan serta terhindat dari makanan yang bisa merusak rencana diet. Selain untuk menurunkan berat badan, diet khusus juga diperlukan penderita hipertensi, hiperkolesterolemia, asam urat, dan penyakit lainnya.

3. Sebagai sarana membangun hubungan sosial

Di sela-sela padatnya pekerjaan, interaksi dengan rekan kerja cenderung terabaikan. Nah, membawa bekal dan makan bersama merupakan cara tepat untuk mengatasi tantangan yang satu ini. Makan bukan hanya kegiatan untuk memenuhi kebutuhan biologis tubuh, tapi juga bisa menjadi sarana berdiskusi, sharing, dan berbagi. Potluck party merupakan ide bagus untuk membangun kedekatan dengan rekan kerja, saling memperkenalkan makanan khas masing-masing, dan memecahkan kejenuhan dari padatnya pekerjaan.

4. Ekonomis but delicious and healthy

Membeli makanan diluar secara terus-menerus tentunya sebuah pemborosan. Bagi pekerja kantoran, penghematan pastinya menjadi salah satu poin penting ditengah banyaknya kebutuhan. Dengan membawa bakal, Teman Sehat bisa lebih hemat namun tetap makan makanan yang enak dan sehat.

Nah, ternyata banyak banget ya manfaat membawa bekal baik dari sisi kesehatan, hubungan sosial, maupun ekonomi. Ngga ada salahnya Teman Sehat berusaha memulai kebiasaan baik yang satu ini. Bingung cara memulainya? Yuk, cek di sini!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *