Brain Freeze saat Makan Es Krim? Atasi dengan Ini

Sahabat Sehat pernah alami rasa sakit kepala menyengat secara sekilas ketika makan es krim atau sesuatu yang dingin? Jika iya, kondisi itu dikenal dengan istilah brain freeze atau otak beku. Sebenarnya, apa sih yang terjadi pada tubuh ketika mengalami brain freeze? Yuk simak penjelasan berikut ini.

cara mengatasi brain freeze
Foto: Pexels.com

Apa itu brain freeze?

Brain freeze atau dikenal juga dengan istilah ice cream headache mengacu pada kondisi sakit kepala akibat dari rangsangan dingin yang menyentuh saraf pada langit-langit mulut. Akibatnya pembuluh darah di dalam saraf mengalami pembengkakakan secara tiba-tiba. Pembuluh darah yang bengkak ini kemudian mengalami kontraksi dan menyebar ke kepala yang menyebabkan pusing.

Ahli saraf dari Wake Forest Baptist Medical Center, Dwayne Godwin, Ph.D., mengungkapkan bahwa di dalam mulut terdapat banyak pembuluh darah, termasuk pada lidah. Mengonsumsi minuman dingin dengan cepat ngga memberi waktu bagi mulut untuk menyerap sensasi dingin dengan baik.

Sensasi sakit kepala yang biasanya dirasakan yaitu seperti rasa menusuk dan berdenyut-denyut pada tengah dahi. Hal tersebut terjadi ketika mengonsumsi makanan atau minuman dingin terlalu cepat sebagai respons alami tubuh untuk memastikan otak tetap hangat.

cara mengatasi brain freeze
Foto: Freepik.com

Cara atasi brain freeze

Meskipun brain freeze bersifat sementara dan biasanya hanya terjadi dalam hitungan detik saja, tetap perlu segera diatasi supaya ngga menimbulkan sakit kepala migrain yang berkepanjangan. Brain freeze bisa diatasi dengan cara mudah berikut ini.

Makan atau minum secara perlahan

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Makan atau minum secara perlahan bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya brain freeze. Cara ini  akan mengurangi kemungkinan terjadinya sakit kepala saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

Menempelkan lidah ke langit-langit mulut

Cara ini bisa dilakukan jika terlanjur timbul rasa pening pada kepala setelah mengonsumsi makanan atau minuman dingin. Menempelkan lidah ke langit-langit mulut bertujuan untuk mengurangi rasa dingin dengan memanfaatkan panas dari lidah.

Nah, sSahabat Sehat sudah tahu kan cara untuk atasi sakit kepala yang tiba-tiba menyerang saat makan es krim? Jangan lupa untuk minum air putih dan menyikat gigi setelahnya, supaya ngga ada lagi sisa es krim yang bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Semoga bermanfaat!

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi
Cleveland Clinic. 2021. Brain freeze: what is it, symptoms, treatment. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21478-brain-freeze diakses pada 1 Januari 2022

BrainFacts. 2019. What Causes Brain Freeze. https://www.brainfacts.org/thinking-sensing-and-behaving/diet-and-lifestyle/2019/what-causes-brain-freeze-071819 diakses pada 1 Januari 2022

ScienceDaily. 2013. Neuroscientists explain how the sensation of brain freeze works. https://www.sciencedaily.com/releases/2013/05/130522095335.htm diakses pada 1 Januari 2022.  

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.