Bolehkah Mengonsumsi Air Es Setelah Berolahraga?

Teman Sehat, semenjak work from home (WFH) apakah kamu suka berolahraga? Yap, selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga bisa meningkatkan kesehatan tubuhmu,  loh! Nah, enaknya melepas dahaga setelah berolahraga dengan minum air es. Tapi, tahukah kamu, katanya hal ini ngga boleh dilakukan. Kira-kira, apa ya alasannya? Yuk, simak!

Benarkah penyerapan cairan jadi ngga maksimal?

Secara ngga sadar, setelah berolahraga banyak orang yang mengonsumsi air es untuk meredakan dahaganya. Yap, beberapa studi mengatakan bahwa mengonsumsi air es setelah berolahraga dalam intensitas yang cukup berat bisa mengejutkan organ tubuh mu.

Yap, ternyata air es bisa menghambat tubuh dari penyerapan maksimal cairan setelah tubuh banyak mengeluarkan keringat. Mengapa hal ini dapat terjadi?

Ternyata suhu memengaruhi, loh!

Suhu tubuh normal berkisar 36-37 °C, ketika kamu mengonsumsi air yang memiliki suhu lebih tinggi, maka tubuh akan menggunakan energi yang dihasilkan untuk menghangatkan air agar bisa diserap oleh tubuh.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Marins, menyatakan bahwa suhu air yang bisa ditoleransi setelah melakukan olahraga dengan intensitas yang cukup berat yaitu berkisar 5-16 °C.

Tapi, penelitian ini cuma dilakukan pada atlet yang merasa sulit menelan cairan atau air dengan suhu yang terlalu dingin atau ekstrem. Cairan yang tergolong cukup ekstrem saat dikonsumsi berada dalam suhu 4 °C dengan suhu lingkungan yang panas (kisaran 33 °C).

Lalu, sebaiknya mengonsumsi apa, ya?

Setelah lama berolahraga dan mengeluarkan banyak keringat, tubuh memerlukan cairan untuk menggantikan cairan tubuh yang dikeluarkan melalui keringat. Nah, berikut ini beberapa jenis cairan yang bisa kamu konsumsi, yuk simak!

  • Air mineral

Konsumsi air putih setelah berolahraga, sangat penting untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Jika kamu ngga segera menggantikannya, kamu akan berisiko dehidrasi, sehingga tubuh menjadi lemas.

Air mineral yang dikonsumsi sebaiknya memiliki suhu yang sama dengan suhu ruangan atau lingkungan. Hal ini disebabkan penyerapan cairan ke dalam tubuh akan lebih mudah dan maksimal.

Mengonsumsi air mineral pada suhu ruang maupun dingin, akan memulihkan organ dan otot lebih mudah, sehingga tubuh ngga bekerja keras memanaskan atau menyesuaikan air untuk diserap ke seluruh tubuh.

  • Sport drinks

Beberapa orang atau atlet merasa konsumsi air putih belum cukup untuk mengembalikan energi yang hilang setelah berolahraga. Terkadang mengonsumsi cairan dengan kandungan mineral tertentu atau sport drinks menjadi pilihan.

Minuman ini, merupakan salah satu jenis soft drink yang mengandung karbohidrat, mineral, dan kaya rasa. Hal inilah yang bisa membantu meningkatkan cairan tubuh.

Nah, Teman Sehat sudah tahu, kan cairan mana yang baik dikonsumsi setelah berolahraga? Jangan biarkan tubuh kamu kekurangan cairan setelah berolahraga, karena ngga baik bagi tubuhmu. Jangan lupa, bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.