Buah-Buahan Nusantara

“Pepaya, mangga, pisang, jambu, dibeli dari Pasar Minggu..”

Teman Sehat, kalau kamu bacanya sambil nyanyi, ketauan deh umur kamu berapa. BTW, lagu itu menggambarkan macam-macam buah yang biasa kamu temukan di pasar. Memakan buah setiap hari, akan menambah asupan vitamin, mineral, serat dan zat antioksidan di tubuh kamu. Tapi, kamu tau ngga sih, buah apa aja yang berasal dari Kepulauan Indonesia (Nusantara)? Mau tau apa aja buahnya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Manggis

Teman Sehat, kamu pasti tau kan buah yang satu ini. Yap, buah yang kini ada ekstraknya, ternyata diyakini berasal dari Nusantara, loh! Penanamannya juga berkembang di sekitar Asia Tenggara. Buah yang berwarna ungu gelap dengan daging buahnya berwarna putih, manis dan juicy ini, kaya akan antioksidan, loh!

Selain itu, manggis juga mangandung zat bioaktif yang bisa digunakan sebagai pengobatan. Menurut Penelitian yang dilakukan oleh Zhuohong Xie, konsumsi manggis bisa meningkatkan kandungan antioksidan di dalam darah pada satu jam pertama dan akan terus bertahan sampai 6 jam kemudian. Antioksidan akan melindungi tubuh kamu dari zat-zat jahat yang bisa menggaggu tubuh.

Pepaya

Pepaya merupakan tanaman tropis negara Amerika, yang kemudian menyebar ke Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Pepaya merupakan sumber vitamin A dan C. Selain itu, pepaya juga mengandung tiamin, riboflavin, kalsium, zat besi, kalium, magnesium dan natrium.

Menurut penelitian yang dilakukan Chukwuka, konsumsi buah pepaya muda atau tua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pepaya muda, memiliki sumber karbohidrat, vitamin dan protein yang baik, karena semakin matang pepaya makan kandungan ketiganya akan semakin menurun. Kandungan vitamin A dan C pada pepaya muda dan tua memiliki hasil yang sama. Sedangkan kandungan mineral yang dikandungnya memiliki hasil yang bervariasi.

Mangga

Mangga merupakan  buah yang berasal dari India dan udah lama tersebar di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Buah mangga termasuk jenis buah batu yang berdaging dengan ukuran yang bermacam-macam. Banyak varietas buah mangga di Indonesia, seperti  Golek, Gedong, Arumanis, Garifta gading, dll. Mangga mengandung banyak zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti, vitamin (C, E, A, B dan K), mineral (K, F, Ca, Mg, Na, Cu, Fe, Mg dan Zn), serat dan antioksidan.

Salak

Salak diperkirakan berasal dari negara di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Ada juga yang mengatakan, salak berasal dari pulau Jawa. Buah salak dilindungi kulit seperti sisik berwarna cokelat. Daging buahnya berwarna kuning krem – putih dan rasanya manis. Salak mengandung betakaroten lebih tinggi dari mangga, jambu biji, dan semangka merah loh! Sekitar 5,5 kali lebih banyak. Selain itu, salak juga mengandung vitamin C, tanin dan serat. Serat bisa membuat kamu lebih kenyang, karena butuh waktu yang lama buat dicerna.

Durian

Durian merupakan buah yang dilindungi duri diseluruh kulitnya dan beraroma menyengat ini, ternyata berasal dari Asia Tenggara dengan pusat keanekaragamannya di Kalimantan. Buah ini, memiliki banyak varietas salah satunya Lokal Katingan, Lokal Banjarnegara, Lokal Byuwangi, dll. Selain itu, warna daging buahnya pun bervariasi, mulai dari putih, kuning, oranye dan merah dengan ketebalan yang berbeda.

Ternyata buah ini mengandung banyak zat gizi loh, seperti vitamin B, C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, phytonutrient dan phytosterol. Phytonutrient pada durian, bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kanker. Sedangkan phytosterol bisa membantu menghambat pencegahan tumor.

Nah, sekarang kamu udah tau kan apa aja buah-buahan Nusantara. Tapi, Teman Sehat, buahnya ngga cuma yang ada di atas aja ya, masih banyak buah – buahan lainnya seperti, sawo, jambu air, pisang, buah naga, dll. Yuk, budayakan konsumsi buah Nusantara! Selain bisa mengenalkan buah asli Nusantara, kamu juga bisa mendapatkan manfaat baik buah buat tubuh.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.