Kurang Tidur? Coba Konsumsi 4 Makanan ini!

Memiliki kualitas tidur yang baik mungkin menjadi salah satu impian sebagian besar orang. Kurang tidur, ternyata berdampak cukup besar bagi tubuh, loh! Mulai dari gangguan metabolisme, daya tahan tubuh, gangguan emosional, bahkan risiko penurunan fungsi otak. Nah, agar tidurmu lebih nyenyak, yuk konsumsi beberapa bahan pangan di bawah ini!

Almond

Jika dimungkinkan, kamu bisa mengonsumsi segenggam (28 g) almond sebelum tidur. Almond memang sudah dikenal sebagai sumber pangan kaya zat gizi yang baik bagi kesehatan. Kandunagn zat antioksidannya, telah terbukti bisa mencegah peradangan pada sel, yang dalam jangka panjang menyebabkan berbagai risiko penyakit kronis.

Bowl filled with raw almond nuts on white background

Selain itu, almond juga memiliki kandungan zat gizi magnesium yang cukup tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Behnood membuktikan bahwa magnesium memiliki hubungan positif dengan kualitas tidur seseorang, terutama begi kamu yang mengalami insomnia. Selain itu,  kandungan melatonin-nya juga membantu menjaga pola tidurmu, loh!

Teh chamomile

Chamomile, Teh Chamomile, Tee, Kedokteran, Naturopati

Kamu pasti sudah banyak mendengar, bahwa mengonsumsi teh ini menyebabkan tidur lebih nyenyak, loh! Ternyata hal itu memang benar, loh! Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Suzanna, mengonsumsi 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari bisa membuat tidur 15 menit lebih cepat. Selain itu, konsumsi teh ini sebelum tidur, juga menjaga kamu dari mimpi buruk dan terbangun di malam hari, loh!

Jus ceri asam

Mengonsumsi 240 ml jus ceri asam dua kali sehari dalam 2 minggu berturut-turut, ternyata bisa membantu meningkatkan kualitas tidur, loh! Bahkan memiliki waktu tidur 84 menit lebih lama dari seseorang yang ngga mengonsumsinya.

Red Cherries on Stainless Steel Bowl

Hal ini disebabkan adanya kandungan melatonin dalam jus ceri asam. Bagi kalian yang menderita insomnia bisa di coba, nih! Oh iya, lebih baik jika jus ceri asamnya ngga ditambahkan gula ya. Bagi penderita maag, jika merasa jusnya terlalu asam, kamu bisa mencoba melarutkaknnya ke dalam air.

Produk Olahan Susu

Yoghurt, Buah, Vanili, Stroberi, Makanan, Sehat, Gizi

Produk dairy seperti susu, keju dan yogurt memiliki kandungan asam amino esensial, triptofan. Triptofan ini bisa merangsang terbentuknya hormon serotonin dan melatonin yang bisa membantu kita agar lebih mudah tertidur. Cara ini cukup efektif loh, apalagi jika dikombinasikan dengan melakukan olah raga ringan sebelum tidur. Dijamin Teman Sehat akan lebih mudah terlelap.

Semoga cara diatas bisa membantu Teman Sehat untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik lagi ya. Jadi kalian bisa lebih produktif dikeesokan harinya. Oh ya, sebelum tidur jangan lupa beri jeda waktu agar semua makanan yang dikonsumsi telah tercerna dengan baik!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *