Bumil Ngemil, Jangan Lupakan Asam Folat!

Halo Teman Sehat! Kehamilan merupakan momentum yang sangat ditunggu-tunggu oleh suami istri dan keluarga. Mulai dari persiapan kehamilan hingga melahirkan, kebutuhan maupun keadaan tubuh seorang wanita akan berubah drastis loh! Faktor-faktor seperti usia, status gizi, kebiasaan makan, sosial-ekonomi, dan pengetahuan dapat mempengaruhi keadaan si calon ibu.

Berbagai aktivitas bumil seharusnya ngga jadi penghalang untuk memenuhi status gizinya. Terutama untuk bumil yang bekerja dan ngga sempat mengatur makanan pola makan hariannya. Bumil juga ngga boleh melupakan makanan selingan untuk menambah kebutuhan zat gizinya.

Menurut National Research Council (2001), umumnya saat kehamilan, bumil memerlukan tambahan energi/kalori sebanyak 175 kalori, 350 kalori, bahkan sampai 500 kalori setiap trimesternya

Buat apa sih bumil harus mengasup lebih banyak kalori? Yap! tentunya buat perkembangan dan pertumbuhan janinnya, karena energi yang dibutuhkan janin yang sedang berkembang adalah 50-95 kalori per kilogramnya.

Salah satu zat gizi yang penting diasup oleh ibu hamil yaitu asam folat. Zat gizi yang satu ini  penting buat mencegah janin dari kecacatan, mencegah terjadinya defek tubaneural (kondisi pertumbuhan susunan saraf pusat yang tidak sempurna), baik untuk perkembangan tulang, jaringan dalam tubuh, dan memperbaiki aliran darah.

Nah, Teman Sehat yang sedang dalam masa kehamilan atau berencana untuk hamil, silahkan mencoba camilan kaya folat berikut!

Asam folat pada sayuran hijau

 

Untuk sumber makanan jenis ini, Teman Sehat bisa mengonsumsi bayam, sawi, kangkung, mentimun, seledri, daun singkong, brokoli, buncis, dan asparagus. Contoh cemilan adalah keripik bayam, kue bayam, es timun serut, salad mentimun, dan chinesse food yang dikreasikan dengan sayuran hijau. Gampang kan mengolahnya?

Asam folat pada hasil ternak dan olahannya

Dimulai dari daging, hati ayam, telur, keju, susu, yoghurt, dan ikan, bisa menjadi pilihan untuk dibuat menjadi omelete, steak, martabak mini, garden salad, puding, sushi atau makanan jepang lainnya dan berbagai bentuk dessert.

Asam folat pada kacang-kacangan

Kacang polong, almond, kacang tanah, kedelai, kenari, bisa menjadi andalan ngemil sehat karena cemilan dari produk kacang-kacangan mudah dijumpai dan banyak ragamnya seperti : susu kacang, kacang panggang, brownies bertabur kacang, saus kacang yang dicampur dengan roti atau muffin.

Asam folat pada  buah-buahan

Kalau Teman Sehat menemukan pisang, jeruk, buah persik, tomat, alpukat, melon, stroberi, dan pepaya jangan langsung diabaikan ya! Buah-buahan tersebut kaya akan asam folat. Mengonsumsinya bisa secara langsung atau dikombinasikan dengan mayonnaise atau sambal rujak. Pasti pas banget buat yang lagi ngidam!

Asam folat pada sumber karbohidrat

Asam folat juga terdapat dalam bahan makanan seperti : kentang, ubi jalar, dan roti gandum, yang bisa diolah menjadi kentang rebus, kolak ubi, dan puding hangat yang dilumuri dengan saus cokelat atau topping yang sesuai selera. Nikmat kan?

Nah, ternyata bahan makanan sumber asam folat mudah ditemui di manapun dan diolah sesuai selera. Selain bisa memenuhi kebutuhan kalori ibu, konsumsi cemilan ini juga berdampak baik bagi perkembangan janin. So, apa camilan sumber folat pilihanmu? Yuk, share dengan mengisi kolom komentar di bawah ini!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia S.Gz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *