Cara Memilih Masker yang Tepat saat New Normal!

Teman Sehat, masker menjadi atribut wajib saat memasuki fase New Normal, sebab penggunaanya bisa mengurangi penyebaran Covid-19. Saat ini pemerintah lebih menganjurkan penggunaan jenis kain dibandingkan denganjenis medis. Lalu, bagaimanakah cara memilih masker kain yang tepat baik dari sisi kesehatan maupun kenyamanan? Simak tips memilihnya, berikut ini!

Pilihlah bahan yang sesuai

Jika selama ini kamu berpikir bisa menggunakan masker kain tanpa memperhatikan jenis bahannya, sepertinya ada yang kurang tepat. Badan kesehatan dunia atau WHO punya aturan mengenai bahan yang sebaiknya digunakan pada jenis kain. Sebaiknya jenis ini terdiri 3 lapisan bahan sebagai penyusunnya, yaitu:

Lapisan paling dalam adalah bahan yang mudah menyerap droplet (cairan dari mulut dan hidung) serta keringat, seperti bahan katun. Lapisan tengah, dipilih bahan serat yang mampu melindungi dari pernyebaran bakteri dan virus, seperti polipropilen. Sedangkan lapisan paling luar terdiri dari bahan anti air sehingga bisa mencegah tersebarnya droplet (tetesan) atau mencegah masker agar ngga cepat basah dan kotor, contoh bahan yang bisa digunakan adalah poliester.

Karet Peregang Lembut di Kulit

Teman Sehat, selain jenis bahan penyusunnya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah karet peregang. Karet peregang sebaiknya menggunakan bahan halus seperti katun karena cenderung lembut apabila mengenai kulit. Penggunaan bahan yang kasar, bisa melukai kulit yang bisa menyebabkan terjadinya iritasi.

Terlebih wajah merupakan bagian tubuh yang paling sensitif. Hal ini dikarenakan, pada area wajah terdapat banyak serabut syaraf dan lapisan pelindung kulit yang tipis. Apabila muncul gejala iritasi seperti kemerahan, perih, dan terbakar maka kamu perlu mengganti masker kain dengan bahan yang lebih lembut.

Pastikan nyaman digunakan

Masker kain yang aman yakni mampu menutupi mulut, hidung, dan dagu serta ngga ada jarak longgar antara masker dan wajah. Apabila terlalu longgar, maka akan meningkatkan kemungkinan kontaminasi bakteri, virus, maupun kotoran. Namun, pastikan juga ngga terlalu sesak sehingga mengakibatkan pengguna kesulitan bernafas.

Nah, itu dia cara memilih masker kain yang aman bagi kesehatan dan nyaman ketika digunakan. Meskipun pengunaannya mampu menurunkan persebaran Covid-19, akan tetapi menjaga jarak aman setidaknya 1 meter dan mencuci tangan secara berkala harus tetap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Selamat menghadapi New Normal, Teman Sehat!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *