Coba Trik Snack Jar untuk Didik Anak Ngemil Sehat

Beberapa waktu yang lalu, Indonesia dihebohkan dengan adanya pemberitaan dari Karawang tentang anak laki-laki yang mengalami obesitas ekstrem. Di usianya yang baru aja menginjak 10 tahun, berat badan Arya Permana mencapai 190 kg. Frekuensi makan yang banyak serta porsi yang sangat besar ternyata diketahui menjadi penyebab utama Arya mengalami obesitas.

Kegemukan dan obesitas pada anak sekarang udah banyak banget bermunculan seiring dengan pola diet anak yang tinggi lemak, gula, dan garam. Bukan ngga mungkin dalam waktu dekat obesitas anak akan dianggap biasa aja.

Tahukah, Teman Sehat? Kebiasaan anak mengemil ngga sehat menjadi salah satu penyebab utama anak mengalami kegemukan bahkan obesitas sejak dini. Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata anak mengonsumsi makanan camilan tiga kali sehari, yang hampir sepertiga dari total kalori yang diasup didapatkan dari makanan camilan.

Dengan banyak mengemil, ternyata anak ngga menunjukkan adanya pengurangan porsi pada makan utama yang membuat asupan makanan anak semakin banyak ditambah jarang beraktivitas fisik.

Sebuah trik sederhana bisa Teman Sehat lakukan untuk menyiasati anak agar terbiasa mengemil sehat. Trik Snack Jar atau ‘wadah camilan’ anak bisa jadi salah satu cara untuk mengontrol frekuensi, porsi, dan jenis camilan yang dikonsumsi oleh anak.

Partisipasi aktif anak dan orang tua menjadi kunci penting dalam keberhasilan trik Snack Jar mendidik anak mengemil sehat.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Sertakan anak untuk ikut aktif serta komitmen dalam kegiatan mengemilnya. Ajak anak untuk menghias sebuah kotak/toples kosong yang nantinya akan digunakan sebagai wadah menyimpan camilannya.
  • Ajak anak untuk ikut memilih saat membeli camilan. Peran orang tua disini sangat penting loh! Kenapa? Saat memilih camilan, orang tua bisa memberikan edukasi dengan contoh langsung tentang camilan mana yang baik dan mana yang ngga. Pengawasan orang tua menjadi nomor satu dalam hal pemilihan jenis camilan.
  • Isi snack jar dengan beberapa jenis camilan sehat agar anak ngga bosan dan harus dalam porsi kecil agar tidak makan terlalu banyak.
  • Beri anak kebebasan untuk memutuskan kapan mereka akan makan, tapi selalu ingatkan konsekuensi bahwa camilan dalam Snack Jar adalah jatah camilan anak dalam sehari. Apabila anak sudah menghabiskannya dalam satu waktu, jangan isi kembali Snack Jar dengan camilan yang baru, isi kembali Snack Jar pada hari selanjutnya. Tujuannya agar anak sadar bahwa mereka telah banyak mengemil hari itu. Langkah ini penting untuk membangun kedisiplinan anak.

Terakhir, jangan lupa selalu ingatkan anak untuk cukup minum air putih, serta banyak bergerak dengan aktif bermain. Selamat mencoba, Teman Sehat! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *