Daun Kersen yang Jarang Diketahui Manfaatnya

Halo Sahabat Sehat! Apakah kamu pernah menemukan daun kersen? Pohon kersen ngga sulit untuk ditemukan dan hampir setiap daerah di Indonesia memiliki penamaan yang berbeda untuk tanaman ini. Tapi apa kamu tahu jika daun karsen punya banyak manfaat? Let’s check this out!

daun dan buah kersen
Foto: Judgefloro, via Wikimedia Commons

Kenalan dengan kersen

Kersen (Muntingia calabura) merupakan tanaman berkayu, tegak, dan bercabang serta dapat tumbuh  mencapai  ketinggian  10  meter. Indonesia sebagai negara tropis menjadi tempat yang sangat cocok utnuk ditumbuhi tanaman ini, sehingga banyak ditemukan di pinggir jalan atau pemukiman. Tanaman dengan biji berkeping dua (dikotil) ini selalu terlihat hijau, berbunga, dan berbuah sepanjang tahun. Buahnya memiliki ukuran bulat kecil berwarna merah saat matang.

Daun kersen mempunyai bulu yang halus dengan ujung daun sedikit lancip sedangkan pangkal daun tumpul. Tepi daunnya bergerigi dan teksturnya memiliki rupa seperti kertas dengan tulang daun menyirip.

Kandungan daun kersen

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa terdapat kandungan senyawa flavonoid, tanin, triterpene, saponin dalam daun kersen. Dengan adanya kandungan tersebut, daun kersen menunjukkan adanya aktivitas antibakteri, antioksidan, dan antipoliferatif. Inilah yang membuat daun kersen bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Pemanfaatannya bisa dengan cara diolah menjadi teh herbal, permen jelly, keripik, selai, dan masih banyak yang lainnya. Pembuatan ekstrak daun kersen bisa dilakukan dengan merebus 50-100 mg daun tua yang telah dicuci bersih dan direbus dalam 1000 ml air hingga mendidih sampai tersisa separuhnya

manfaat dari daun kersen
Foto: Renjusplace, via Wikimedia Commons

Manfaat daun kersen bagi tubuh

Senyawa flavonoid bisa berperan sebagai antibakteri dengan memperlambat fungsi membran sitoplasma pada bakteri. Oleh karena itu, daun kersen memiliki efek yang mampu menghambat aktivitas bakteri penyebab penyakit. Selain itu, tanin mampu mengeliminasi racun dengan mengecilkan membran sel, dengan begitu penyebaran dari racun tersebut bisa terhambat. Sedangkan saponin mempunyai manfaat seperti antibakteri dan antifungi.

Melihat banyaknya manfaat dari daun karsen, ternyata, tanaman ini memang sudah dimanfaatkan sejak dulu oleh masyarakat sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit seperti sakit kuning, asam urat, dan batuk. Telah banyak juga penelitian yang menunjukan bahwa daun kersen bisa dimanfaatkan sebagai antidiabetes, menurunkan kadar asam urat, batuk, panas, dan antiseptik.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba olahan daun kersen dan mendapatkan manfaatnya? Sahabat Sehat, tanpa disadari ternyata ada banyak manfaat yang ngga terduga dari alam disekitar. Yuk, jaga kelestariannya dan pergunakan dengan bijak.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti, STP

Referensi

Bamasri, Topgati Hanif. 2021. Daun Kersen Muntingia Calabura Sebagai Antibakteri. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. Vol 3(2). e-ISSN 2715-6885.

Ilkafah. 2018. Daun Kersen (Muntingia calabura L.) Sebagai Alternatif Terapi Pada Penderita Gout Artritis. Pharmacy Medical Journal. Vol 1(1).

Nawir, A. Irmansyah; Afifah, Choirul Anna Nur; Sulandjari, Siti; Handajani, Sri. 2021. Pemanfaatan Daun KERSEN (Muntingia Calabura L.) Menjadi Teh Herbal. Jurnal Tata Boga. Vol 10(1). ISSN: 2301-5012.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.