Gadget bisa Meningkatkan Risiko CVS, Benarkah?

Teman Sehat, tahukah kamu apa itu CVS? Yap, CVS (Computer Vision Syndrome) merupakan gangguan pada mata yang disebabkan oleh penggunaan layar gadget. Sebagai generasi milenial, pasti kamu ngga bisa lepas dari gadget, ya kan? Tapi, tahukah kamu, jika menggunakannya secara berlebihan, akan ada risiko pada kesehatan maka kamu. Mau tahu apa aja penyebabnya? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Kenapa ya penggunaan gadget bisa menyebabkan gangguan ini?

Ada beberapa penyebab CVS melalui gadget, yaitu:

  • Pada saat menatap layar, mata terus fokus dalam waktu yang lama sehingga otot mata mengalami kerja keras untuk tetap fokus,
  • Tulisan pada layar media online ngga setajam pada media cetak, hal ini secara ngga sadar memaksa mata kamu untuk tetap fokus,
  • Frekuensi untuk berkedip jarang terjadi pada saat menatap layar media online, sehingga mata menjadi cepat kering,
  • Cahaya pada layar media online bisa menambah beban pada kerja mata

Bagaimana cara mencegahnya?

Sesuaikan cahaya dengan lingkunganmu!

Pastikan cahaya pada lingkungan kamu cukup dengan kondisi ngga terlalu gelap maupun terang. Sesuaikanlah posisi layar gadget untuk mengurangi pantulan cahaya dari jendela maupun lampu. Tutuplah jendela jika sinar matahari terasa silau dan aturlah posisi cahaya pada lampu meja supaya ngga langsung terkena mata.

Atur kontras cahaya gadget

Jangan lupa untuk mengatur tingkat cahaya, kontras, dan ukuran dan bentuk huruf pada gadget sesuai dengan kenyamanan. Jika perlu, kamu bisa menggunakan screen filter untuk mengurangi efek kilatan cahaya pada layar media online.

Sesuaikanlah tata letak meja kerja

Kamu perlu untuk mengatur meja kerja sesuai dengan posisi yang sesuai. Lakukan pengecekan dengan cara memposisikan pandangan mata tepat mengarah ke tengah layar dengan jarak 50-70 cm dari wajah. Selain itu, perhatikan kemiringan antara layar komputer dan mata, yaitu maksimal 20 derajat. Kemudian, jangan lupa duduk dengan posisi yang tegap dan nyaman.

Batasi penggunaannya

Sebaiknya, batasi penggunaan gadget, apapun itu termasuk handphone dan laptop.  Kamu bisa mengatur penggunaannya dnegan kiat 20-20-20, yaitu mengalihkan pandangan dari layar setiap 20 menit untuk menatap benda dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Selain itu, jangan lupa untuk sering mengedipkan mata supaya mata kamu ngga cepat kering saat bekerja.

Nah, Teman Sehat, itulah beberapa informasi mengenai CVS. Mata merupakan anugerah terbesar dari Tuhan yang patut kamu jaga. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menjaga kesehatan mata kamu dan batasi penggunaan gadget sehingga kesehatan mata bisa terjaga dengan baik.

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *