Gula Tanpa Kalori, Stevia juga Punya Batas Konsumsi

Halo, Temat Sehat! Kebutuhan pemanis tambahan selalu meningkat setiap tahunnya, loh. Bahkan, sampai saat ini Indonesia masih harus mengimpornya terutama pemanis jenis gula tebu (sukrosa). Kabar baiknya, penderita diabetes ngga perlu khawatir lagi mengonsumsi gula, karena sekarang ada bahan pengganti gula yang aman bagi penderita diabetes, yaitu stevia. Yuk, simak informasinya di sini!

Apa itu gula stevia?

Stevia merupakan gula rendah kalori, bahkan ada juga yang ngga mengandung kalori sama sekali sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes dalam jangka waktu panjang. Alternatif gula ini diperoleh secara alami melalui ekstraksi tanaman Stevia rebaudiana. Daun tanaman ini mengandung komponen steviosida dan rebaudiosida yang menyumbang rasa manis.

flat lay photography of heart-shaped cookies on red plate

Hal tersebut telah diuji pada hewan serta digunakan oleh manusia dan terbukti ngga menimbulkan efek samping, loh. Daun ini juga mengandung protein, serat, karbohidrat, fosfor, kalium, kalsium, magnesium, natrium, zat besi, vitamin A serta vitamin C. Komponen steviosida mengandung 3-10% dari berat daun kering dan rebaudiosida mengandung 1-3% berat daun kering. Istimewanya, gula stevia juga ngga menyebabkan karies gigi.

Batas aman konsumsi

shallow focus photo of person holding ceramic mug

Sebuah penelitian membuktikan bahwa gula stevia aman dikonsumsi dan dapat dijadikan pengganti gula. Hal ini ditunjukkan melalui penurunan kadar glukosa darah pada tikus yang mengalami diabetes. Stevia juga terbukti sebagai produk yang aman oleh Food and Drug Administration (FDA). Meskipun demikian, para peneliti tetap menganjurkan untuk mengonsumsinya dalam batas aman dan sesuai dengan yang dianjurkan yaitu sekitar 0,1 – 4 mg per kg berat badan per hari.

Tahapan kritis proses produksi produk

Konsumsi gula ini harus melalui pembuatan dengan aturan yang ketat karena akan dikonsumsi penderita diabetes. Standar baku harus diterapkan dengan benar agar mendapatkan kualitas terbaik. Berikut ini tahapan kritis gula saat proses produksi gula stevia rendah kalori:

white powder

  • Bahan baku, bahan tambahan pangan, dan bahan kemasan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan
  • Pencampuran dilakukan dengan metode yang dikendalikan berdasarkan komposisi yang ditentukan
  • Produk dikemas dalam wadah yang tertutup rapat
  • Produksi dilakukan sesuai dengan persyaratan SNI dan regulasi terkait

Nah Teman Sehat, itu lah informasi mengenai bahan pemanis alternatif pengganti gula tebu untuk penderita diabetes. Meskipun aman, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya sebanyak yang kamu inginkan. Stay healthy! Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang-orang sekitar kamu, ya!

Editor & Proofreader: Mega Kurniawati, SGz

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.