Hal-hal tentang Pencemaran Air yang Perlu Kamu Ketahui!

Pencemaran air merupakan salah satu masalah utama penyebab terjadinya krisis air bersih. Mulai dari tumpukan sampah hingga zat kimia berbahaya yang ngga terlihat, bisa saja mengotori sungai, air tanah maupun laut. Padahal ketiga tempat ini, merupakan sumber air yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Seberapa besarkah dampak yang dirasakan? Nah, berikut ini penjelasannya!

Penyebab pencemaran air

pencemaran air

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pencemaran air bisa berasal dari mana saja, seperti sampah plastik, sisa deterjen atau limbah cair dari industri. Bukan cuma itu, limbah pertanian seperti pupuk dan pestisida juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Bahkan saluran pipa air yang ngga dirawat dengan baik, juga bisa menimbulkan masalah. Jika ngga ditangani dengan benar bisa memberikan dampak yang lebih besar untuk kedepannya, seperti misalnya terjadi krisis air bersih.

Efeknya bagi lingkungan

Pencemaran air bukan cuma memberikan efek negatif bagi manusia, tapi juga bisa merusak ekosistemnya. Sebagian besar pencemaran air berasal dari limbah rumah tangga. Masih banyak masyarakat yang belum sadar mengenai pentingnya menjaga kebersihan sumber air.  

Salah satu bentuk cemaran yang paling banyak ditemukan yaitu, kadar nitrat dan fosfat di atas ambang batas sehingga menyebabkan perubahan warna dan menimbulkan bau. Hal ini, juga bisa membuat kadar oksigen di dalam air menurun yang menyebabkan ekosistem di dalam air terganggu.

Ternyata efeknya akan lebih buruk jika air tersebut dikonsumsi oleh manusia, khususnya pada anak-anak. Menurut WHO, lebih dari 2 milyar orang di dunia masih mengonsumsi air yang tercemar. Tentunya, hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti gangguan sistem pencernaan, gangguan sistem reproduksi, hingga memicu terjadinya kanker.

Apabila bayi dibawah 6 bulan mengonsumsi air dengan kadar nitrat yang tinggi, bayi tersebut berisiko terkena Blue Baby Syndrome. Bukan cuma anak-anak, bahkan orang dewasa yang meminum air tercemar bisa saja terkena mengalami kolera dan tifus.

Cara mencegahnya

pencemaran air

Selain perlu diterapkan regulasi yang ketat mengenai pengolahan limbah, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan air juga perlu ditingkatkan. Bagaimanapun juga, masyarakat sendiri yang akan merasakan efeknya.

Sebenarnya, banyak hal-hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya pencemaran air. Misalnya ngga membuang sampah sembarangan atau mulai mengurangi penggunaan bahan-bahan yang sulit diuraikan seperti plastik.

Ngga perlu takut untuk memulai, karena sekecil apapun upaya yang dilakukan untuk mencegah pencemaran lingkungan akan sangat berharga. Kamu bisa mulai dari dirimu sendiri dan orang-orang terdekatmu. Yuk, selalu jaga kebersihan air!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

 

 

 

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.