Yuk, Penuhi Kebutuhan Air Harianmu!

Bukan hanya sebagai penghilang rasa haus, minum air merupakan suatu kebutuhan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Setiap harinya, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi 8 gelas air secara rutin. Tapi, apakah dengan begitu kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi? Teman Sehat yuk, simak penjelasan berikut ini!

Kebutuhan air dalam tubuh

air

Seseorang bisa hidup tanpa mengonsumsi makanan hingga 21 hari, tapi tidak bisa bertahan lebih dari 7 hari tanpa air. Dari situ, bisa diketahui bahwa air memiliki peran yang besar bagi kesehatan. Apakah kamu tahu? Sebanyak 56-60% tubuh manusia terdiri dari air. Jika dibandingkan dengan zat gizi lain seperti karbohidrat, protein dan lemak, ternyata jumlah konsumsi air jauh lebih banyak loh! Kamu bahkan bisa mengonsumsi sekitar 913 kilogram air setiap tahunnya!

Kandungan air pada makanan

air

Beberapa jenis makanan seperti sayur dan buah memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sebanyak 20-30% kebutuhan air bisa dipenuhi melalui makanan yang dikonsumsi. Sedangkan 70-80% lainnya berasal dari air yang kita minum secara langsung. Jumlah tersebut bisa berbeda sesuai dengan jenis makanan dan minuman. National Academies of Sciences, Engineering and Medicine, merekomendasikan setidaknya mengonsumsi 3,7 liter air untuk laki-laki dan 2,7 liter air untuk perempuan. Jumlah tersebut sudah termasuk air yang berasal dari makanan.

Bukan cuma air mineral, jenis minuman lain seperti teh, jus, kopi dan susu juga termasuk ke dalamnya. Tapi, manfaat yang diberikan ke tubuh bisa saja berbeda. Misalnya, ketika kamu mengonsumsi minuman manis seperti sirup dan teh. Mungkin saja efek yang diberikan tidaklah sama, karena kandungan zat gizi pada pada kedua minuman tersebut juga berbeda. Oh iya, mengonsumsi minuman manis berlebihan malah berisiko dehidrasi pada tubuh, loh!

Manfaat air bagi tubuh

air

Ternyata air memiliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh, seperti kesehatan ginjal dan jantung. Bahkan salah satu penelitian membuktikan bahwa, kekurangan cairan dalam tubuh bisa meningkatkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, loh!

Itulah alasan kamu harus menjaga tubuh, agar tetap terhidrasi. Meskipun semua jenis minuman bisa mengembalikan cairan tubuh dalam kondisi normal, ada baiknya mengurangi minuman yang banyak mengandung gula. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.