Hati-hati Kekurangan Cairan, bisa Berisiko pada Tubuh!

Teman Sehat, sudahkah kamu mengonsumsi air putih yang cukup? Beberapa orang biasanya mengonsumsi air saat makan atau setelah merasa sangat haus. Tahukah kamu kalau konsumsi air yang cukup itu sangat penting? Yuk, simak penjelasan lebih lanjutnya di sini! Let’s check it out!

Fungsi air bagi tubuh,

Air merupakan komponen penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia terdiri dari 55-75% air. Air memiliki fungsi yang banyak bagi tubuh, seperti pengatur suhu tubuh, pelarut, berperan dalam peredaran darah, eksresi sisa metabolisme, pengisi ruang antar sendi dan katalisator proses enzimatis.

Ciri-ciri kamu kekurangan cairan

Sekitar 60% cairan tubuh akan keluar melalui urin, sisanya akan keluar melalui keringat, kotoran (feses), dan cairan yang ngga disadari. Konsumsi air yang kurang, menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan (dehidrasi). Ciri-ciri kamu mengalami dehidrasi yaitu merasa kehausan, mulut kering & lengket, warna urin gelap, pusing dan denyut jantung meningkat.

Bahayanya dehidrasi

Sebagian orang yang ngga bisa mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya, disebabkan beberapa hal seperti belum merasa haus, lupa minum, merasa merepotkan, hingga enggan sering ke toilet. Jika kamu ngga mengonsumsi air sesuai kebutuhan, dehidrasi akan menyebabkan penurunan volume pengiriman zat gizi (intravaskular) sehingga berisiko terjadi kegagalan fungsi organ, seperti kerusakan pada ginjal bahkan kematian.

Seseorang yang rentan mengalami dehidrasi yaitu atlet dan pekerja. Hal ini disebabkan aktivitas yang tinggi sehingga menyebabkan pengeluaran lewat  keringat lebih besar dan rentan mengalami dehidrasi. Bedasarkan penelitian, atlet yang mengalami dehidrasi menyebabkan peningkatan denyut jantung dan kenaikan tekanan darah ke seluruh tubuh (sistol).

Anjuran konsumsinya

Bedasarkan nilai AKG (Angka Kecukupan Gizi) 2019, kebutuhan air bagi laki-laki kelompok umur dewasa berkisar 2500 ml (2,5 liter) sedangkan kebutuhan air bagi perempuan dewasa yaitu 2350 ml (2,3 liter) atau sekitar 8 gelas sehari.

Berikut ini tips memenuhi kebutuhan air dalam sehari:

  1. Air yang dikonsumsi harus bersih dan cukup sesuai kebutuhan.
  2. Menyadari bahwa pentingnya air dan manfaatnya sehingga ngga menunda-nunda konsumsi air.
  3. Biasakan minum air putih setelah bangun tidur. Selama tidur sekitar 7-8 tubuh mengalami kekurangan cairan, sehingga penting konsumsi air setelah bangun tidur.
  4. Biasakan membawa botol air minum saat beraktivitas. Aktivitas yang banyak terkadang membuat seseorang lupa minum dan malas mengambil air, dengan membawa botol air bisa menjadi solusi konsumsi air disela-sela kesibukan.
  5. Saat mengonsumsi sesuatu, biasakan minum air yang cukup.

Nah, Teman Sehat, itulah pentingnya kecukupan mengonsumsi air putih bagi tubuh. Ingat ya, cukupi kebutuhan cairan harianmu, sesuai kebutuhan masing-masing ya! Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.