Ini Dia 5 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan!

Halo Teman Sehat! Kamu tahu ngga kalau ritual puasa itu udah ada sejak lama dan dilakukan ngga cuma oleh umat muslim? Well, hampir setiap agama memiliki beberapa jenis ritual puasa, sebut saja puasa Prapaskah. Selain itu, umat Hindu dan Buddha juga mempunyai ritual berpuasa, loh!

Puasa itu ngga sebatas menahan rasa lapar dan haus, puasa juga membantu kita agar lebih bisa menahan diri hawa nafsu lain. Lebih dari itu, puasa juga memberikan efek baik untuk kesehatan. Apa saja? Scroll down!

1. Menurunkan berat badan

Setelah makanan selesai dicerna tubuh, maka tubuh akan menggunakan cadangan energi yang disimpan dalam organ-organ kita. Saat puasa, cadangan glukosa yang di simpan di dalam hati dan otot akan digunakan pertama kali sebagai sumber energi.

Setelah cadangan glukosa di hati dan otot habis, selanjutnya lemaklah yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh, dengan begitu kadar lemak dalam tubuh pun berkurang. Berkurangnya kadar lemak dalam tubuh dapat membantu penurunan berat badan dan menurunkan risiko berbagai penyakit tidak menular.

2. Menurunkan tingkat kolesterol

Dr. Razeen Mahroof dari Universitas Oxford menjelaskan bahwa selain membantu menurunkan berat badan, penggunaan lemak sebagai energi juga bisa membantu mempertahankan otot dan mengurangi tingkat kolesterol.

Berkurangnya kadar lemak ini bisa dikaitkan dengan penurunan risiko terkena penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukan bahwa orang yang berpuasa secara teratur memiliki risiko yang lebih rendah mengalami penyakit jantung karena kadar kolesterol dalam tubuhnya berkurang.

3. Puasa sebagai detoks

Dr. Mahroof menambahkan, selama berpuasa proses detoksifikasi pun berlangsung. Racun yang disimpan dalam lemak tubuh akan ikut larut dan dikeluarkan dari tubuh. So, sel-sel dalam tubuh bisa lebih sehat dan mengalami peremajaan.

4. Meningkatkan kadar hormon endorfin

Hormon endorfin adalah hormon yang berkaitan dengan rasa bahagia. Setelah beberapa hari berpuasa, level endorfin dalam tubuh akan meningkat. Maka dari itu, bisa dikatakan, bahwa dengan berpuasa kita ngga hanya membuang racun dalam tubuh, tapi juga ikut membuang “racun-racun” dalam jiwa kita karena peningkatan hormon endorfin bisa memberikan efek positif bagi kesehatan mental.

5. Membantu meregenerasi sel imun

Sebuah penelitian yang dilakukan Dr. Valter Longo dkk. dari University of Southern California menunjukkan bahwa puasa bisa memerangi perubahan sel imun—yang disebabkan oleh kemoterapi atau penuaan—dengan mengisi sel-sel induk dalam darah. Dalam kata lain puasa dapat membantu tubuh meregenerasi sel imun sehingga menjadi lebih tangguh dalam memerangi penyakit.

Puasa itu berat, kamu ngga akan kuat, tapi bukan itu lanjutannya! Ya, dengan berpuasa kita menghadapi berbagai tantangan, mulai dari rasa lapar hingga dahaga. Tapi, kalau kita menjalankannya dengan niat yang baik, maka kita pun akan mendapatkan hasil yang baik pula. Ngga cuma soal ibadah pada sang pencipta, tapi juga soal manfaat kesehatan yang bisa kita peroleh dari berpuasa. Selamat berpuasa bagiTeman Sehat yang menjalankan!

Editor & Proofreader: Fhadilla Amelia, SGz

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *