Investasi untuk Tulang dengan 5 Makanan dan Minuman Berikut

Halo Teman Sehat! Tahukah kamu bahwa pertumbuhan tulang terbatas sampai usia tertentu? Dalam hal pertumbuhan tulang, yang ngga kalah penting adalah tentang kepadatan tulang itu sendiri. Pada umur lansia atau khususnya setelah menopause pada wanita, kepadatan tulang akan terus berkurang. Ini lah yang meningkatkan risiko osteoporosis dan patah tulang pada lansia. Berinvestasi sejak usia dini untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang yang optimal adalah upaya terbaik yang bisa dilakukan agar memiliki tulang yang sehat dan kuat di masa tua.

Nah, selain berolahraga dan hidup aktif, mengonsumsi makanan dan minuman tertentu berkontribusi besar bagi kesehatan dan kekuatan tulang. Berikut terangkum lima jenis makanan atau minuman tinggi kalsium yang bisa Teman Sehat konsumsi secara rutin:

1. Susu

Peran susu bagi kesehatan tulang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan kalsium dan mineral lainnya yang tinggi, membuat susu menjadi minuman andalan. Dalam segelas susu (±250 gram), 30% kadungannya berupa kalsium. Selain itu, susu juga kaya akan vitamin A, vitamin D, Vitamin B6, dan Magnesium, yang penting bagi kesehatan tulang.

2. Ikan teri

Sumber protein yang murah dan lezat ini ternyata membawa peran penting bagi kesehatan tulang. Dalam 100 gram ikan teri, 23% kandungannya berupa kalsium. Kalsium pada ikan teri banyak terdapat pada tulangnya, sehingga pada saat mengonsumsi ikan teri secara langsung kita juga mengonsumsi tulangnya yang kaya akan kalsium.

3. Brokoli dan pok coy

Sayuran hijau seperti brokoli dan pok coy tinggi akan kalsium. Namun, sayuran hijau lainnya yang tinggi akan oksalat, seperti bayam, mencegah kalsium yang ada didalamnya untuk diserap tubuh. Meskipun demikian, hal ini tidak mengganggu penyerapan kalsium dari sumber makanan lainnya yang dikonsumsi bersamaan.

4. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan juga mengandung kalsium yang tinggi. Secara umum, dalam 100 gram kacang-kacangan, 11% kandungannya berupa kalsium. Bagi para vegan, kacang-kacangan merupakan sumber protein sekaligus kalsium andalan. Rasanya yang gurih dan mudah diolah menjadi makanan dan minuman apapun, menjadi daya tarik tersendiri.

5. Jeruk dan pepaya

Buah-buahan ini memiliki image sebagai sumber vitamin C. Tapi, siapa sangka jeruk dan pepaya juga bisa menjadi sumber kalsium yang baik? Dalam 100 gram jeruk terkandung 40 mg kalsium serta 20 mg kalsium dalam 100 gram pepaya. Kandungan kalsium buah-buahan ini bisa lebih tinggi dalam bentuk jus buah yang sudah difortifikasi. So, baca label pangan pada saat membeli!

Nah, ternyata sumber kalsium sangat mudah diperoleh dan bervariasi. Selain olahraga, pastikan diet kamu mengandung cukup kalsium untuk pertumbuhan tulang serta investasi di masa tua.

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *