Jenis-Jenis Hepatitis yang harus Kamu Tahu dan Cara Penyebarannya

Halo Teman Sehat! Pernahkah kamu mendengar penyakit hepatitis? Hepatitis merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di dunia, termasuk di Indonesia, sehingga pada tanggal 28 Juli ditetapkan sebagai Hari Hepatitis Sedunia.  Hepatitis merupakan salah satu penyakit menular, oleh karena itu kita perlu berhati-hati terhadap berbagai jenis sumber penyebaran virus hepatitis ini.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mencatat bahwa hepatitis B menyebabkan 887.000 kematian di tahun 2015 sedangkan hepatitis C menyebabkan 399.000 kematian di tahun 2016.

Penyakit yang disebabkan oleh virus ini ternyata memiliki beberapa tipe dan cara penularannya. Yuk cari tau!

1. Hepatitis A

Hepatitis jenis ini disebabkan oleh virus Hepatitis A yang penyebarannya dengan cara fecal oral. Seseorang bisa tertular melalui konsumsi air yang tercemar, makanan mentah atau tidak dimasak sempurna, sanitasi yang buruk, dan personal hygiene yang rendah. Umumnya virus ini ngga menimbulkan dampak serius, hanya saja berupa sakit kepala, demam, mual, muntah, serta tanpa menimbulkan gejala sisa. Tapi harus tetap berhati-hati ya, Teman Sehat!

2. Hepatitis B

Penyakit ini merupakan masalah infeksi hati yang paling serius di dunia. Virus hepatitis B yang menginfeksi tubuh penderita bisa menyerang dan merusak organ hati. Tahukan Teman Sehat? 1 dari 3 orang di dunia telah terinfeksi virus berbahaya ini dan tiap tahunnya 1 juta orang meninggal akibat hepatitis B. Penularannya dapat terjadi saat persalinan, transfusi darah, jarum suntik yang tercemar, tattoo, dan transplantasi organ.

3. Hepatitis C

Penyakit yang disebabkan virus hepatitis C ini penyebab utamanya berupa sirosis dan kanker hati. Faktor risiko penularannya antara lain transfusi darah, jarum suntik, transplantasi organ, ibu hamil kepada janin, serta hubungan seks. Data dari WHO (2017) menyatakan bahwa 71 juta penduduk dunia menderita hepatitis C kronik loh!

4. Hepatitis D

Penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis D (delta) ini paling jarang ditemui namun paling berbahaya. Virus ini memerlukan virus hepatitis B untuk berkembangbiak sehingga penyakit ini hanya mungkin diderita bagi orang yang sebelumnya telah menderita hepatitis B. Virus jenis ini ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh seperti darah seseorang yang telah terinfeksi. Satu-satunya cara agar ngga terjangkit terjangkit penyakit ini adalah dengan memperoleh vaksin hepatitis B.

6. Hepatitis E

Zaman dahulunya penyakit yang disebabkan virus hepatitis E ini dikenal dengan Hepatitis Non A-Non B. Penularannya melalui fecal oral yang pada dasarnya melalui air yang terkontaminasi. Gejala penyakit ini ngga jauh berbeda dengan hepatitis jenis lainnya.

Nah, ternyata ada lima tipe penyakit hepatitis. Yang terpenting adalah Teman Sehat harus menjauhi hal-hal yang mempermudah penularannya. Keep you personal hygiene ya!

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *