Kenali Perbedaan Susu Skim dan Susu Full Cream

Hai Teman Sehat, seiring perkembangan jaman berbagai olahan susu sudah sangatlah beragam. Beberapa yang paling banyak ditemukan yakni susu skim dan susu full cream. Apakah kamu masih suka bingung ingin memilih produk yang mana untuk dikonsumsi? Kira-kira perbedaan susu skim dan susu full cream apa aja sih?

Apa itu susu?

perbedaan susu skim dan susu full cream
Foto: Freepik.com

Sebelum mengetahui perbedaan susu skim dan susu full cream, apakah kamu tahu pengertian susu segar? Susu segar merupakan air susu hasil pemerahan yang ngga dikurangi atau ditambahkan bahan apapun yang diperoleh dari pemerahan sapi atau mamalia lainnya yang sehat.

Susu merupakan sumber protein hewani yang mengandung nilai gizi yang tinggi dan umumnya mengandung air 87,20%, lemak 3,70%, laktosa 4,90%, protein 3,50%, mineral 0,07%, dan albumin 0,4-1%. Biasanya susu dijadikan berbagai produk olahan seperti susu skim dan susu full cream.

Banyak yang mengira dua jenis susu ini merupakan produk yang sama namun hanya penamaannya yang berbeda. Ternyata kedua produk ini berbeda, loh! lantas apa ya perbedaannya?

Susu skim 

Susu skim merupakan susu segar yang diambil atau dikurangi lemaknya sehingga diklaim memiliki kandungan lemak yang rendah. Hal tersebut juga membuat susu skim memiliki kandungan protein dan berat jenis yang lebih tinggi, sehingga memudahkan saat proses pemisahan dan memiliki nilai kalori yang rendah.

Susu Full creamFoto: Unsplash.com

Susu skim memiliki tekstur lebih encer dan rasa yang hambar. Meskipun begitu, semua zat komponen susu masih ada, hanya saja kandungan lemak dan vitamin yang larut dalam lemak hanya sedikit. Susu skim bubuk umumnya mengandung protein sekitar 37%, sedangkan kandungan lemaknya hanya berkisar 1%. Nah, susu ini cocok untuk dikonsumsi bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan atau bisa juga diolah menjadi keju rendah lemak. 

Susu full cream

Susu full cream merupakan susu segar yang memiliki kandungan lemak susu tinggi, yaitu ngga kurang dari 26%. Tingginya kandungan lemak inilah yang membuat susu full cream memiliki rasa yang lebih legit dan gurih, serta memiliki tekstur yang lebih kental creamy dibandingkan dengan susu skim.

susu skim
Foto: Freepik.com

Selain dikonsumsi langsung, susu full cream bisa digunakan untuk sajian seperti vla pudding, pastry creamy, sebagai isian kue sus, macaroni schotel dan lain-lain. Ngga hanya berbentuk cair, produk ini juga banyak dipasarkan dalam bentuk susu krim bubuk (cream milk powder) dengan menghilangkan sebagian besar kandungan airnya. Susu krim bubuk memiliki kandungan lemak sekitar 65% dan kandungan protein sekitar 13%. 

Nah, sekarang sudah lebih jelas kan perbedaan susu skim dan susu full cream. Jadi, ngga perlu bingung lagi deh, untuk memilih kedua produk tersebut sesuai dengan kebutuhan kamu. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Teman Sehat.

Editor & Proofreader: Zafira Raharjanti STP

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.