Lakukan 10 Jurus Kurangi Natrium Ini Demi Jantung Sehat!

kurangi natrium

Halo Teman Sehat! Kamu pasti udah tau kan kalau salah satu penyebab hipertensi alias darah tinggi adalah konsumsi natrium yang tinggi? Untuk menghindari itu, makanya yuk kurangi natrium!

Nah, salah satu cara yang banyak digunakan saat ini untuk menghindari hipertensi atau menurunkan tekanan darah adalah dengan melakukan DASH diet atau Dietary Approaches to Stop Hypertension. Prinsip utama dari diet ini adalah mengurangi konsumsi natrium tanpa meninggalkan variasi makanan sehat sehari-hari.

Nah, makanan apa aja yang tergolong tinggi natrium? Bagaimana cara menguranginya? Yuk, simak 10 hal ini!

  1. Pilihlah saus atau kecap yang mengandung natrium rendah karena 100 gr kecap biasa (tidak rendah natrium) dapat mengandung natrium hingga 2 kali lipat kebutuhan natrium sehari.
  2. Pilihlah sayur yang segar atau beku, sebisa mungkin jangan menggunakan sayur kalengan yang tinggi natrium dan pengawet.
  3. Utamakan daging, unggas, ikan yang segar daripada yang dikalengkan, diawetkan atau diasap. Sosis atau keju 200 gr saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan natrium sehari.
  4. Pilihlah sereal yang rendah natrium untuk sarapan, dapat juga ditambahkan buah untuk meningkatkan zat gizi dan cita rasa.
  5. Batasi konsumsi makanan yang diasinkan seperti acar atau saus barbeque.
  6. Masaklah nasi, pasta, atau sereal tanpa menggunakan garam.
  7. Makanan yang dibeli dalam kondisi siap saji seperti burger, pizza, sup kaleng, kaldu, dan salad dressing sering kali mengandung banyak natrium sehingga disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan-makanan tersebut.
  8. Bilas makanan kaleng, seperti ikan tuna dan kacang polong sebelum dimasak lebih lanjut untuk mengurangi kandungan natriumnya.
  9. Biasakan mengolah makanan dengan penyedap alami selain garam, seperti rempah-rempah, lemon, dan tomat. Kurangi penggunaan garam sedikit demi sedikit.
  10. Kurangi konsumsi makanan ringan dan gantilah camilan Teman Sehat dengan sayur atau buah.

potato chips

Satu poin terakhir yang ngga kalah penting adalah tentang mi instan! Yap, mi instan itu tinggi natrium loh. Satu bungkus mi instan bisa penuhi kebutuhan natrium kamu dalam 1 hari. Be aware, guys!

Supaya berhasil kurangi natrium, salah satu cara yang gampang dilakukan adalah dengan selalu baca label pangan yang menunjukkan kandungan natrium dalam suatu produk.

Semangat mencoba! (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *