4 Makanan Sehat untuk Menyulap Kulit Kusam

kulit kusam

Halo Teman Sehat! Kulit, sebagai lapisan terluar tubuh, sering menjadi patokan kecantikan atau kegantengan seseorang. Punya kulit yang sehat, awet muda, dan bercahaya tentunya menjadi impian semua orang, termasuk kamu kan? Kamu ngga mau kan punya kulit kusam?

Tapi, ngga jarang kalau banyak orang yang justru melakukan berbagai hal atau mengkonsumsi berbagai makanan yang dapat berefek buruk pada kulit.

Nah, sebenernya makanan apa aja sih yang bisa bikin kulit sehat?

1. Alpukat

Buah yang satu ini sudah memiliki reputasi yang cukup baik terkait dengan kesehatan kulit. Tapi, kebanyakan orang masih beranggapan bahwa alpukat adalah buah yang harus ‘dihindari’ karena kandungan lemaknya. Emang bener? Faktanya, lemak dalam alpukat adalah lemak baik yang dapat melawan lemak jahat.

Lalu, apa manfaat alpukat buat kulit? Alpukat adalah sumber vitamin E yang dapat mencegah penuaan, membersihkan kulit dari bekas jerawat/flek hitam, serta mencegah penuaan. Penelitian juga menunjukan bahwa kandungan gizi dalam alpukat dapat menjadi tabir surya alami.

2. Buah delima

Yap, buah yang satu ini mulai menjadi primadona di tengah-tengah industri kosmetik setelah diketahui dampak positifnya pada kulit. Berbagai produk seperti sabun dan lotion dibuat dengan bahan baku buah yang satu ini. Dalam penelitian, diketahui bahwa delima merupakan buah yang kaya antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas. Kandungan Ellagitannin di dalamnya merupakan salah satu komponen yang digunakan dalam operasi plastik yang dapat mencegah kematian kulit penutupnya.

3. Kuaci (biji bunga matahari)

Teman Sehat pasti udah ngga asing lagi dengan cemilan yang satu ini dong? Meskipun ukurannya kecil, ternyata khasiatnya besar loh. Dalam sejarahnya, minyak biji bunga matahari digunakan sebagai pengobatan pada kulit. Kandungan asam linoleat di dalamnya diketahui dapat melindungi kulit dari kerusakan, mengurangi kehilangan air pada kulit, sehingga dapat menjaga kelembapan kulit.

4. Ubi jalar

Pamor umbi yang satu ini dalam menyehatkan kulit memang belum terlalu populer. Umbi yang mengandung vitamin, mineral, antioksidan, serat, asam lemak esensial, dan berbagai senyawa bioaktif ini ternyata dapat meningkatkan sistem imun tubuh, mengurangi stres oksidatif, kerusakan tubuh akibat radikal bebas, dan manfaat keren lainnya. Ubi jalar juga kaya vitamin C, yang dapat menghaluskan kulit keriput dengan merangsang produksi kolagen.

Studi yang diterbitkan pada tahun 2007 dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 4 miligram vitamin C atau sekitar setengah potong kecil ubi/hari selama 3 tahun dapat mengurangi munculnya keriput sebesar 11%.

Ternyata, bahan makanan yang bermanfaat buat kulit kita gampang ditemukan di lingkungan sekitar kita kan? (agt&don)

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *