Lima Bahasa Cinta yang perlu kamu Tahu!

Teman Sehat, pernahkah kamu merasa sulit memahami pasangamu? Kalau iya, kamu bisa mengikuti tips dari konselor pernikahan, Gary Chapman melalui bukunya: “The 5 Love Languages: The Secret to Love that Lasts” dengan lima bahasa cintanya. Mau tahu apa saja? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Mengenal bahasa cinta

Pengalaman Chapman dalam menangani krisis pasangan suami-istri, membuatnya berpikir alasan seseorang merasa dicintai. Dilansir dari HuffPost, Chapman mengatakan bahwa setiap orang menunjukkan dan menerima cinta dengan cara yang berbeda.

Cara inilah yang diperkenalkankan dengan istilah Lima Bahasa Cinta. Di antara kelima bahasa ini, setiap pasti orang memiliki satu bahasa cinta utama.

1. Words of affirmation (kata penyemangat)

Kata-kata penyemangat, merupakan cara seseorang menggunakan bahasa cintanya untuk menerima dan mengekspresikan rasa kasih sayangnya. Kamu perlu sering mendengar kata-kata penyemangat dari orang yang dicintai.

Kata penyemangat bisa kamu tuangkan dalam lisan maupun tulisan, yang penting disampaikan dengan tulus.  Menurut  Dr. Michelle Rosser-Majors,  ketua program Bachelor of Arts in Psychology, Ashford University, kata-kata positif adalah dasar yang kuat untuk membangun hubungan, karena kebutuhan dasar manusia yang ingin dihargai.

2. Quality time (waktu yang berkualitas)

Ketika memiliki bahasa cinta utama, quality of time, kamu sangat menghargai waktu yang dihabiskan bersama orang-orang tersayang. Maksudnya yaitu ketika kamu sedang bersama orang yang disayang, seluruh perhatianmu akan tertuju padanya.

Seperti saat mengobrol, akan terasa dari hati ke hati dan lebih intim. Selain itu, perhatianmu juga ngga terbagi untuk menonton TV, bermain gawai, maupun melakukan kegiatan lain.

3. Act of service ( memberikan bantuan)

Kamu ngga perlu memberikan bantuan yang istimewa istimewa. Terkadang, bantuan sederhana seperti mengambilkan minum, membantu menyapu rumah atau merapihkan tempat tidur akan membuat seseorang dengan bahasa cinta ini merasa dicintai. Pada dasarnya manusia menyukai perasaan hangat yang diberikan tanpa pamrih (selfless act).

4. Recieving gifts (menerima hadiah)

Menurut Dr Chapman, bahasa cinta ini bukan tentang barang yang diberikan, tetapi usaha yang ditunjukkan. Usaha ini menunjukkan bahwa kamu memikirkan dan peduli terhadap orang tersayang.

Dr Jeral Kirwan, Ketua program Master of Arts in Psychology, Ashford University mengatakan bahwa pemberi hadiah dan penerima hadiah akan merasakan manfaat  yang baik secara emosional dari tindakannya. Nah, coba perhatikan, kira-kira orang terdekatmu lagi membutuhkan apa?

5. Physical touch (sentuhan fisik)

Sentuhan merupakan bahasa pertama yang digunakan bayi untuk berkomunikasi. Sentuhan juga berperan penting dalam perkembangan perilaku dan sosial. Dalam studinya, Ann Bigelow menyatakan bahwa anak yang kurang mendapatkan perhatian fisik dan emosional berisiko lebih tinggi mengalami masalah perilaku, emosional, dan sosial ketika dewasa.

Seseorang dengan bahasa cinta ini, akan merasa disayangi melalui sentuhan, seperti berpelukan, bergandengan tangan atau sesederhana meletakkan tangan di bahu orang terdekatnya dengan penuh perhatian.

Nah, dari kelima bahasa cinta di atas, manakah bahasa cinta utamamu dan pasangan?Yuk, cari tahu lebih lanjut di sini! Selamat mencoba! Jangan lupa bagikan artikel ini ke orang terdekatmu, ya!

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

Share

ayo berlangganan linisehat

Dapatkan rujukan dan infografis kesehatan yang fresh, fun dan youthful langsung ke email anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *